Perjalanan Asisten Virtual Siri dari Awal hingga Kini

Perjalanan Asisten Virtual Siri dari Awal hingga Kini

Siri. (Foto: BGR)

JAKARTA - Siri merupakan asisten virtual milik Apple yang terdapat di sistem operasi iOS. Asisten pribadi itu memiliki beberapa fungsi yang dapat digunakan untuk melakukan perintah melalui suara dan memiliki kesadaran guna membantu pengguna iOS.

​Siri pertama kali diperkenalkan di iOS 5. Awalnya Apple membeli kecerdasan buatan tersebut dari perusahaan bernama SRI International pada 2010. Setahun kemudian, Apple memperkenalkan Siri sebagai bagian dari iOS 5.

Sebagai yang pertama kali mendapatkan dukungan Siri, kala itu, asisten virtual tersebut memiliki integrasi layanan yang lebih baik di iMessage, Mail, Calendars, Reminders, Notes, Stocks, Weather, Music, Safari, dan beberapa layanan eksternal seperti Google dan Wolfram Alpha.

Sementara di iOS 6, sebagaimana yang dirangkum dari iMore, Senin (3/4/2017), Siri memiliki kompabilitas dengan perangkat Apple lainnya, yakni iPad. Selain itu, kemampuan Siri pun turut ditingkatkan. Di iOS 6, Siri mampu menyediakan informasi mengenai olahraga, film, dan restoran.

Selain itu, Siri juga bisa digunakan untuk membuka aplikasi dan mengunggah di Facebook atau Twitter. Ditambah, Siri juga bisa melakukan navigasi di aplikasi peta milik Apple.

Di iOS 7, Siri mengalami sedikit perubahan di sektor kemampuan bahasa. Kualitas suara serta akses ke Setting dan Voice Mail juga mendapatkan sentuhan baru dari Apple. Kemampuan lain yang dihadirkan Siri di iOS 7 adalah menampilkan kicauan tweet, Wikipedia dan Bing.

Siri juga mendapatkan peningkatan kualitas suara di pembaruan iOS 7.1 khusus untuk bahasa Mandarin, Inggris (UK, Australia), dan Jepang. Namun, fitur baru dari asisten virtual tersebut adalah adanya CarPlay.

Pembaruan terakhir yang dicatat oleh iMore ialah di iOS 8. Di versi pembaruan yang kelimanya ini, Siri mendapatkan kemampuan panggilan ‘Hey, Siri’ saat sedang terhubung dengan kabel. Dengan pembaruan ini, pengguna iOS dapat menggunakannya saat sedang berkendara, di tempat tidur, atau memasak.

Selanjutnya, Siri juga telah terintegrasi dengan Apple HomeKit yang bisa digunakan untuk mengontrol rumah secara otomatis. Misalnya, dengan mengucapkan, "Good night Siri!" pintu garasi, lampu, serta TV akan otomatis dimatikan.

(kem)

Baca Juga

Sedih! Dropbox Ditinggal CTO-nya

Sedih! Dropbox Ditinggal CTO-nya