Seberapa Cepat Kekuatan Jaringan 5G?

Seberapa Cepat Kekuatan Jaringan 5G?

Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA – Hampir semua orang menyukai internet dengan kecepatan tinggi. Sayangnya, teknologi yang digunakan sekarang belum mendukung internet dengan kecepatan super cepat. Dengan teknologi 5G, kecepatan internet dapat digandakan berkali-kali lipat.

Sebelum masuk lebih jauh ke layanan 5G, ada baiknya untuk menengok terlebih dahulu jaringan 4G. Sejauh ini, kecepatan transfer 4G LTE dapat berjalan hingga satu gigabit per detik.

Dikutip dari Wired, Rabu (5/4/2017), 5G akan meningkatkan kecepatan download hingga 10 gigabit per detik. Itu berarti film full HD dapat di-download dalam hitungan detik.

Dalam paparan 5g.co.uk, 5G mampu mentransmisikan data hingga 20Gbps. Sementara Nokia berpendapat bahwa layanan 5G mampu menyiarkan streaming video beresolusi 8K.

Hebatnya, 5G Innovation Center telah mencapai kecepatan lebih tinggi di pengujian, yakni sekitar 1 terabit per detik (1 Tbps). Kecepatan itu kira-kira 65 ribu kali lebih cepat.

Tak hanya itu, layanan 5G akan mengurangi latency secara signifikan. Singkatnya, layanan itu akan memberikan wireless broadband kapasitas yang dibutuhkan untuk menghubungkan ribuan perangkat.

(kem)

Baca Juga

Permen Lelang Frekuensi 2,1 dan 2,3 GHz Mundur hingga Mei 2017

Permen Lelang Frekuensi 2,1 dan 2,3 GHz Mundur hingga Mei 2017