Begini Cara Kerja Jaringan 5G Mengantarkan Data

Begini Cara Kerja Jaringan 5G Mengantarkan Data

Ilustrasi (Foto: Reuters)

CALIFORNIA - Jaringan telekomunikasi generasi kelima digadang-gadang akan mulai dioperasikan pada 2020. Teknologi anyar ini diprediksi dapat menambah kecepatan telekomunikasi secara signifikan.

Dilansir Gizmodo, Rabu (5/4/2017), sudah ada konsorsium besar operator telekomunikasi untuk menciptakan standar layanan 5G. Kendati demikian, belum ada titik temu mengenai standar 5G.

Menilik dari cara kerjanya, layanan 5G tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. Perbedaannya terletak pada layanan 5G yang menduduki frekuensi radio yang lebih tinggi.

Biasanya, 4G menduduki pita frekuensi hingga 20 MHz. Dalam kasus 5G, kemungkinan akan duduk di pita frekuensi hingga 6 GHz. Penggunaan frekuensi yang lebih tinggi dimaksudkan untuk mengantarkan data lebih cepat.

Kendati demikian, sinyal frekuensi yang lebih tinggi tidak melakukan perjalanan terlalu jauh. Untuk itu, diperlukan teknologi multiple input and output antennas (MIMOs) untuk meningkatkan sinyal 5G.

Manfaat lainnya yang dapat diambil dari layanan 5G adalah berkurangnya latency secara signifikan. Singkatnya, layanan itu akan memberikan wireless broadband kapasitas yang dibutuhkan untuk menghubungkan ribuan perangkat.

(kem)

Baca Juga

Techno of The Week: Adopsi 4G Belum Maksimal, Ini penyebabnya!

Techno of The Week: Adopsi 4G Belum Maksimal, Ini penyebabnya!