Hadis dan Sains Jelaskan Fakta-Fakta soal Kucing

Hadis dan Sains Jelaskan Fakta-Fakta soal Kucing

(Foto: Reuters)

JAKARTA - Kucing merupakan hewan yang biasa tinggal di sekitar manusia. Berdasarkan penelitian, rupanya kucing memiliki fakta-fakta menarik yang perlu diketahui oleh manusia.

Buku 'Cerita-Cerita Sains Terbaik dari Alquran' karya Af Idah Salmah menjelaskan beberapa fakta mengenai kucing. Pada kulit kucing terdapat otot yang berfungsi untuk menolak telur bakteri. Otot kucing juga dapat menyesuaikan dengan sentuhan otot manusia.

Selain itu, permukaan lidah kucing tertutupi oleh berbagai benjolak kecil yang runcing. Benjolan ini berbentuk bengkok mengerucut seperti kikir atau gergaji. Bentuk ini sangat berguna untuk membersihkan kulit.

Ketika kucing minum, tidak ada setetes pun cairan yang jatuh dari lidahnya. Lidah kucing juga merupakan alat pembersih yang paling canggih, permukaannya yang kasar bisa membuang bulu-bulu mati dan membersihkan bulu-bulu yang tersisa di badannya.

Telah dilakukan berbagai penelitian terhadap kucing dari berbagai perbedaan usia, posisi kulit, punggung, bagian dalam telapak kaki, pelindung mulut, dan ekor. Pada bagian tersebut dilakukan pengambilan sampel dengan usapan.

Di samping itu, dilakukan juga penanaman kuman pada bagian-bagian khusus. Lalu, diambil juga cairan khusus yang ada pada dinding dalam mulut serta lidah kucing.

Hasil yang didapat yakni bagian kulit luar ternyata negatif kuman meskipun dilakukan penelitian berulang-ulang. Tidak hanya itu, cairan yang diambil dari permukaan lidah juga menunjukan hasil negatif kuman.

Ketika ada kuman yang ditemukan saat proses penelitian, kuman itu masuk ke dalam kelompok kuman biasa yang berkembang pada tubuh manusia dalam jumlah terbatas. Kuman itu antara lain enterobacter, streptococcus, dan taphylococcus.

Berbagai sumber yang dapat dipercaya dari hasil penelitian laboratorium menyimpulkan bahwa kucing tidak memiliki kuman dan mikroba. Air liurnya bersih dan membersihkan.

Oleh karena itu, kucing aman bila dipelihara oleh manusia. Salah satu hadis Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam menyebutkan bahwa kucing tidak najis.

"Kucing itu tidaklah najis. Sesungguhnya kucing merupakan hewan yang sering kita jumpai dan berada di sekeliling kita,” HR At Tirmidzi, Abu Daud, An Nasa’i, Ibnu Majah, Ad Darimi, Ahmad, Malik (Syaikh Al Albani dalam Irwa’ul Gholil no. 173 mengatakan bahwa hadis ini sahih).

(ahl)
TAG : fakta

Baca Juga

Terungkap, Misteri Gunung Es dan Medan Magnet Milik Uranus

Terungkap, Misteri Gunung Es dan Medan Magnet Milik Uranus