Alquran dan Sains Jelaskan Langit sebagai Pelindung Bumi dari Meteor

Alquran dan Sains Jelaskan Langit sebagai Pelindung Bumi dari Meteor

(Foto: Reuters)

JAKARTA - Asteroid atau meteor bisa menghantam sebuah planet. Saat batu luar angkasa itu jatuh ke Bumi, maka langit atau lapisan atmosfer akan membakar objek tersebut.

Umumnya, saat meteor jatuh ke Bumi, batu luar angkasa itu hancur dan tidak membuat kerusakan parah di permukaan Bumi. Dalam buku 'Cerita-Cerita Sains Terbaik dari Alquran' karya Af Idah Salmah, lapisan atmosfer berfungsi menahan benda-benda langit yang akan jatuh ke Bumi.

Meteor yang jatuh ke Bumi dihancurkan oleh atmosfer yang ditabrak olehnya. Hal inilah yang mengubah meteor yang awalnya sangat besar menjadi serpihan-serpihan kecil.

Disebutkan pula bahwa fungsi atmosfer melindungi Bumi dari radiasi sinar matahari serta suhu dingin. Atmosfer jika dilihat dari Bumi seperti langit. Sehingga, apabila manusia melihat langit tidak hanya menampakan keindahan, tetapi fungsinya jauh lebih besar.

Dari tujuh lapisan langit, lapisan Mesosfer dijelaskan merupakan lapisan yang melindungi Bumi dari meteor yang jatuh ke Bumi. Meteor akan terbakar pada lapisan ini.

Dalam Alquran dijelaskan bahwa langit dipelihara oleh Allah agar Bumi terlindung dari benda-benda berbahaya yang berjatuhan dari luar angkasa. Langit sebagai pelindung Bumi disebutkan dalam salah satu ayat Alquran.

"Dan Kami menjadikan langit itu sebagai atap yang terpelihara, sedang mereka berpaling dari segala tanda-tanda (kekuasaan Allah) yang terdapat padanya," Surah Al Anbiya Ayat 32.

(ahl)

Baca Juga

Eksplorasi Bulan Saturnus, NASA Bakal Terbangkan Drone Dragonfly

Eksplorasi Bulan Saturnus, NASA Bakal Terbangkan Drone Dragonfly