Teknologi Kereta Uap Bisa Melaju Kencang di Inggris

Teknologi Kereta Uap Bisa Melaju Kencang di Inggris

(Foto: Phys)

LONDON - Kereta uap bisa mencapai kecepatan 161 kilometer per jam di jaringan rel kereta Inggris untuk pertama kalinya. Pencapaian kecepatan ini dibuktikan pada kereta yang telah berusia sekira 5 dekade tersebut.

Dilansir Phys, Kamis (13/4/2017), dinamakan Tornado, lokomotif uap Peppercorn-class A1 mencapai kecepatan bersejarah di angka 90 mph (145 kph). Diketahui bahwa lokomotif uap tidak mencapai 100 mph di Inggris sejak 1968, menurut The Daily Telegraph.

Tornado merupakan lokomotif uap pertama yang dikembangkan di Inggris selama hampir setengah abad ketika selesai pada 2008. Apabila Tornado mencapai 90 mph, kendaraan ini tampaknya bisa diandalkan bersama dengan kereta lainnya pada jalur kereta api utama yang sibuk.

Pada pengujian yang dilakukan Rabu, lokomotif itu menarik gerbong penumpang dan berlari 10 persen di atas 90 mph. "Kami senang telah menyelesaikan berjalan tes yang menggerakkan kita satu langkah lebih dekat untuk operasi 90 mph dengan Tornado," kata Graeme Bunker-James, Direktur Operasi untuk A1 Steam Locomotive Trust.

Menurutnya, pencapaian ini memungkinkan lokomotif untuk menjadi kendaraan yang dipakai banyak orang. "Sebagai bagian dari tes ini, lokomotif dioperasikan pada 90 mph untuk periode waktu yang berkelanjutan dan juga mencapai 100 mph di bawah kondisi khusus dan berjalan dengan sinyal yang jelas," jelasnya.

Rekor dunia untuk kecepatan lokomotif uap pernah dicapai oleh Mallard yang dibangun pada 1938. Kereta tersebut juga melaju di rel kereta di London, Inggris.

(ahl)

Baca Juga

Ilmuwan Klaim Hobbit Ada di Indonesia

Ilmuwan Klaim Hobbit Ada di Indonesia