Peneliti Gunakan VR untuk Pulihkan Kesehatan Anak

Peneliti Gunakan VR untuk Pulihkan Kesehatan Anak

(Foto: ABC)

CALIFORNIA – Teknologi virtual reality (VR) yang kini banyak beredar di pasaran rupanya dapat dimanfaatkan untuk kesehatan manusia. Adalah startup teknologi Melbourne, Phoria yang merancang pengalaman VR untuk anak-anak yang berada di rumah sakit.

Bekerjasama dengan Murdoch Children's Research Institute dan Melbourne Zoo, penelitian ini melibatkan 80 pasien di The Royal Children's Hospital Melbourne.

Trent Clews-de Castella dari Phoria mengatakan bahwa hal ini memberi anak-anak 'istirahat' di rumah sakit. "Saya merasa sedikit gila bahwa kami, anak-anak dalam contoh ini, masuk ke lingkungan rumah sakit dan kami berpikir tentang berapa banyak kita dipengaruhi oleh lingkungan kita dan itu tidak benar-benar kondusif bagi proses pemulihan," jelas Castella.

Terapi dengan melibatkan kebun binatang bukanlah hal baru, tetapi membawa hewan ke dalam rumah sakit berisiko dalam hal kebersihan dan infeksi. "Ini benar-benar menarik untuk memanfaatkan dan menangkap esensi dari semacam interaksi yang Anda akan memiliki dengan hewan," katanya.

Castella berharap cara ini bisa menjadi alat bebas obat untuk mengatasi rasa sakit dan kecemasan. Menurutnya, dengan teknologi saat ini, memungkinkan tim merekam dengan melibatkan kamera 360. Demikian seperti dikutip dari ABC, Jumat (14/4/2017).

(kem)

Baca Juga

Bukan Manusia, Ilmuwan Temukan Spesies yang Bisa Bertahan Hidup dari Perubahan Iklim

Bukan Manusia, Ilmuwan Temukan Spesies yang Bisa Bertahan Hidup dari Perubahan Iklim