Alquran dan Sains Jelaskan Manfaat Domba untuk Manusia

Alquran dan Sains Jelaskan Manfaat Domba untuk Manusia

(Foto: Express)

JAKARTA – Setiap makhluk diciptakan oleh Tuhan dengan suatu tujuan. Bagian-bagian dari setiap makhluk bahkan memiliki manfaat yang terkadang tak diketahui secara keseluruhan.

Bagian dari hewan misalnya seringkali dimanfaatkan manusia baik untuk dimakan maupun asesoris dan pakaian. Hal ini juga telah dijelaskan dalam Alquran.

“Dan Allah menjadikan bagimu rumah-rumahmu sebagai tempat tinggal dan Dia menjadikan bagi kamu rumah-rumah (kemah-kemah) dari kulit binatang ternak yang kamu merasa ringan (membawa) nya di waktu kamu berjalan dan waktu kamu bermukim dan (dijadikan-Nya pula) dari bulu domba, bulu onta, dan bulu kambing, alat-alat rumah tangga dan perhiasan (yang kamu pakai) sampai waktu (tertentu),” Surah An-Nahl Ayat 80.

Seperti diketahui, domba juga menjadi salah satu hewan yang setiap bagiannya dimanfaatkan oleh manusia. Susu dan daging dari domba banyak diminati manusia dengan beragam variasi masakan.

Selain itu, kulit dan bulu domba juga dimanfaatkan manusia untuk dijadikan sebagai asesoris dan pakaian yang digandrungi banyak kaum hawa.

Seekor domba mampu menghasilkan 1-6 kg wol. Karena itulah, manusia memelihara domba untuk memanfaatkan bulunya. Bulu tebal domba biasa dipakai manusia untuk dijadikan bahan kain wol, yang bisa digunakan untuk membuat pakaian. Tak hanya itu, kulit dan bulu domba juga dimanfaatkan manusia untuk dijadikan tas dan sepatu.

(din)

Baca Juga

Penelitian Baru Ungkap Bulan Tak Memiliki Pasokan Air, Ini Penjelasannya!

Penelitian Baru Ungkap Bulan Tak Memiliki Pasokan Air, Ini Penjelasannya!