Alquran dan Sains Jelaskan Kegunaan Rasi Bintang

Alquran dan Sains Jelaskan Kegunaan Rasi Bintang

(Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Selain kompas, rasi bintang rupanya bisa dijadikan petunjuk arah. Ternyata, hal ini sudah dilakukan pelaut dan petani di zaman dulu.

Penggunaan rasi bintang sebagai petunjuk arah ternyata sudah dijelaskan terlebih dulu dalam Alquran Surah Al-An'aam ayat 97, seperti dikutip dari buku 'Amazing!!! Cerita-Cerita Sains Terbaik dari Alquran', Minggu (16/4/2017).

"Dan Dialah yang menjadikan bintang-bintang bagimu, agar kamu menjadikannya petunjuk dalam kegelapan di darat dan di laut. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan tanda-tanda kebesaran (Kami) kepada orang-orang yang mengetahui," bunyi Surah Al-An’aam ayat 97.

Seperti diketahui, rasi bintang merupakan sekumpulan bintang yang tampak saling berhubungan dan membentuk suatu pola. Pada zaman dulu, rasi bintang dimanfaatkan untuk petunjuk arah. Misalnya pelaut, yang menggunakan rasi bintang sebagai petunjuk arah ke mana mereka harus pergi.

Kemudian petani, yang memanfaatkan rasi bintang untuk melihat musim, kapan mereka harus menanam dan memanen. Terdapat beberapa contoh rasi bintang dan kegunaannya.

1. Rasi bintang beruang besar biasanya digunakan untuk menunjukkan arah utara.

2. Rasi bintang kalajengking biasanya untuk menunjukkan arah timur.

3. Rasi bintang layang-layang biasanya digunakan untuk menunjukkan arah selatan.

4. Rasi bintang pemburu biasanya digunakan untuk menujukkan arah barat.

(din)

Baca Juga

Penelitian Baru Ungkap Bulan Tak Memiliki Pasokan Air, Ini Penjelasannya!

Penelitian Baru Ungkap Bulan Tak Memiliki Pasokan Air, Ini Penjelasannya!