Bulan Saturnus Ini Miliki Kandungan Dasar Kehidupan

Bulan Saturnus Ini Miliki Kandungan Dasar Kehidupan

Enceladus (Foto: NASA)

JAKARTA - Enceladus adalah bulan Saturnus yang memiliki air laut hangat tertutup es di bawah tanah. Dalam sebuah temuan baru, para ilmuwan mengungkapkan sumber energi kimia yang berada di air bulan ini mampu mempertahankan organsime yang hidup di Bumi. Dibanding dengan bulan es Europa Jupiter, Enceladus adalah objek yang paling menarik di tata surya.

Kini, Enceladus resmi menjadi tempat terbaik di luar Bumi untuk mencari kehidupan. Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan, molekul hidrogen yang diproduksi di lautan bulan itu merupakan sumber hidrogen reaksi hidrotermal antara batu-batu panas dan air di laut bawah permukaan es pada bulan. Jadi, selain air hangat, molekul organik, dan mineral tertentu, bulan ini juga memproduksi sumber yang dapat diakses dari energi yang dibayangkan bisa mendukung mikroba alien.

Pada 2005, NASA Cassini menyelidiki letusan dari medan kutub selatan bulan ini, mengurung uap air dan partikel dari laut ke bawah tanah luar angkasa. Pada 2015, NASA kembali diarahkan Cassini untuk melakukan penyelaman jauh melalui uap ini, mengumpulkan informasi Ion dan Netral Mass Spectrimeter (INMS). Analisis kimia itu menunjukkan adanya molekul organik dan nitrogen, serta garam dan silikat, yang sangat menyarankan air laut dalam kontak dengan inti berbatu. Memang, proses hidrotermal di dekat ventilasi vulkanik dikenal untuk mempertahankan ekosistem yang kompleks di Bumi.

"Penemuan molekul hidrogen (H2) melengkapi apa yang saya sebut persyaratan 'dasar' bagi kehidupan yang kita kenal; air cair. Molekul organik, mineral, dan sumber yang diakses dari 'energi bebas'. H2 memberi kita harapan," ujar Jonathan Lunine, astronom Cornell Center for Astrophysics and Planetary Science, dikutip dari Gizmodo, Minggu (16/4/2017).

Studi baru ini juga menandai perkembangan penting dalam kemampuan kita untuk menilai kelayakhunian benda-benda langit yang jatuh, sementara penelitian ini bertujuan untuk panggung masa depan.

(din)

Baca Juga

Ilmuwan Ungkap Planet ke-10 yang Bersembunyi di Tata Surya

Ilmuwan Ungkap Planet ke-10 yang Bersembunyi di Tata Surya