Yuk! Kenalan dengan 10 Tanaman Karnivora Ini (1)

Yuk! Kenalan dengan 10 Tanaman Karnivora Ini (1)

(Foto: Wikipedia)

JAKARTA - Tak hanya hewan, tanaman juga ada yang memakan daging serangga. Tanaman tersebut dikenal sebagai tanaman karnivora. Tanaman karnivora pada umumnya mampu beradaptasi untuk tumbuh di tempat-tempat miskin nutrisi.

Terdapat beberapa tanaman karnivora yang tersebar di seluruh dunia. Berikut ini deretan tanaman karnivora yang ada di seluruh dunia, seperti dikutip Okezone dari buku 'Amazing!!! Cerita-Cerita Sains Terbaik dari Alquran’, Senin (17/4/2017).

1. Portuguese Sundew (Drosophyllaceae)

Ini adalah tanaman asli Portugal, Spanyol, dan Maroko. Tanaman ini tumbuh di tempat yang kering seperti tanah arkalin. Aromanya yang khas membuat serangga tertarik untuk mendekatinya. Alhasil, serangga menjadi mangsanya.

2. Tanaman Cobra atau California Pitcher Plant (Darlingtonia)

Tanaman ini ditemukan di utara California dan Oregon. Ia hidup di rawa dan air yang mengalir. Daunnya berbentuk tabung seperti kobra dengan daun yang bercabang. Tidak seperti tumbuhan lain, daunnya tidak menghasilkan enzim pencernaan.

3. North American Pitcher Plant (Sarracenia)

Tanaman ini memiliki saluran yang panjangnya 1 meter untuk menjebak serangga. Hidupnya di rawa-rawa wilayah timur dan selatan Amerika Serikat dan Kanada. Serangga tertarik oleh nektar yang berada di bibir perangkap serta kombinasi dari warna dan aroma.

4. Mocassin Plant atau Western Australian Pitcher Plant (Cephalotus)

Tanaman ini hidup di barat daya Australia. Ia memiliki perangkap dengan mulut lebih lebar, tetapi lebih pendek.

5. Pitcher Plants (Nepenthes)

Tanaman ini memiliki perangkap yang paling spektakuler bahkan bisa dikatakan paling canggih. Ia tumbuh dari Madagaskar dan Asia Tenggara sampai ke timur laut Australia.

(din)

Baca Juga

Ciptakan Fotosintesis Buatan, Peneliti Bikin Bahan Bakar Hidrogen

Ciptakan Fotosintesis Buatan, Peneliti Bikin Bahan Bakar Hidrogen