Techno of The Week: Perhatikan Ini Agar Kabel Gadget Tak Jadi Sasaran Tikus

Techno of The Week: Perhatikan Ini Agar Kabel Gadget Tak Jadi Sasaran Tikus

(Foto: Reuters)

JAKARTA - Rusak atau putusnya kabel speaker atau charger ponsel sangat merugikan pengguna. Dengan putusnya kabel, pengguna tidak bisa lagi mengandalkan alat tersebut. Diambil dari berbagai sumber, berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk mencegah tikus menggigit kabel.

Gunakan Pelindung Kabel

Pelindung kabel sudah banyak dijual di toko, memiliki bentuk spiral dengan warna-warna yang bervariasi. Pelindung kabel ini diklaim cocok untuk mengatasi gangguan tikus pada kabel-kabel gadget.

Rapikan Kabel

Kabel yang tergeletak di lantai memungkinkan tikus lebih mudah untuk menemukannya. Rapikan kabel dengan cara menggulungnya. Bila perlu menempatkannya dalam wadah yang aman tanpa celah, sehingga tikus tidak dapat masuk ke dalamnya.

Jaga Kebersihan

Tikus betah berada dalam suatu ruangan atau rumah karena ada sumber makanan di tempat itu. Pastikan pengguna membersihkan bekas-bekas makanan yang terjatuh di lantai atau di meja. Sebaiknya juga menutup rapat-rapat makanan atau minuman untuk mencegah tikus berkeliaran di ruangan.

 

Gunakan Kamper

Pengguna bisa menggunakan kamper atau kapur barus untuk mengusir tikus. Pengguna bisa menempatkan kamper tersebut di titik-titik area yang memungkinkan tikus untuk berkeliaran.

(ahl)

Baca Juga

Techno of The Week: Langkah Ini Bikin <i>Smartphone</i> Jadi Tahan Air

Techno of The Week: Langkah Ini Bikin Smartphone Jadi Tahan Air