Akibat Cuaca Buruk, NASA Tunda Peluncuran Balon Raksasa

Akibat Cuaca Buruk, NASA Tunda Peluncuran Balon Raksasa

(Foto: Reuters)

WASHINGTON – NASA dengan terpaksa kembali menunda peluncuran balon berukuran raksasa dengan tekanan tinggi (SPB). Dilansir Financial Express, Senin (17/4/2017), balon ini rencananya diluncurkan di Wanaka, Selandia Baru.

Penundaan itu disebabkan oleh cuaca buruk yang melanda wilayah tersebut. Angin pada saat itu dinilai tak cocok untuk melakukan peluncuran balon yang dijadwalkan pada Senin pukul 07.50 waktu setempat.

“Arah angin saat ini bergeser ke arah barat yang akhirnya menyebabkan pembatalan hari ini, setelah kami menunggu beberapa waktu agar angin selaras dengan misi kami,” kata NASA.

NASA akan terus mengamati cuaca harian untuk menentukan apakah kondisi mendukung upaya peluncuran balon itu. Balon ini dirancang untuk membawa teleskop yang akan mendeteksi sinar kosmik berenergi tinggi yang berasal dari luar galaksi Bumi karena menembus atmosfer.

Misi NASA ini ditujukan untuk menguji dan memvalidasi teknologi SPB yang memiliki tujuan penerbangan dengan durasi yang lama di pertengahan garis lintang.

(kem)

Baca Juga

Techno of The Week: Hobbit Diklaim Hidup di Indonesia

Techno of The Week: Hobbit Diklaim Hidup di Indonesia