LG K10 2017 Tantang Xiaomi Redmi Note 4

LG K10 2017 Tantang Xiaomi Redmi Note 4

(Foto: Aditya Gema/Okezone)

JAKARTA - LG menghadirkan kembali seri K10 tahun ini dengan wajah yang lebih gres. Tentunya dengan beberapa tambahan fitur yang cukup signifikan, K10 2017 menawarkan pengalaman yang berbeda dari seri sebelumnya. Handset ini juga tampaknya bersaing dengan Xiaomi Redmi Note 4.

Salah satu fitur unggulan yang LG sematkan adalah 'wide angle selfie camera' untuk kenyamanan pengguna. Selain itu, vendor asal Korea Selatan ini juga menghadirkan fitur pemindai sidik jari yang multifungsi.

 

Untuk mengenal lebih jauh kelebihan dan kekurangan ponsel ini, Okezone menjajal beragam fitur yang ditawarkan LG K10.

Tampilan

Sebagai ponsel kelas menengah, LG K10 bisa dibilang memiliki desain yang cukup premium. Misalnya di bagian belakang, Anda dapat menemukan cover bodi belakang bermaterial plastik yang memiliki kontur bergaris seperti metal.

Dalam generasi terbaru kali ini, LG tidak membenamkan tombol home fisik. LG menggabungkan tombol pemindai sidik jari dengan tombol home. Sementara itu, di sisi kiri terdapat tombol volume.

 

Menilik ke sisi bodi, kehadiran bingkai metal berwarna emas menguatkan kesan premium di ponsel ini. Terlebih dengan penggunaan lapisan kaca lengkung 2,5D yang menambah kesan mahal dari LG K10.

Masih berbicara soal tampilan fisik, LG K10 menghadirkan jack audio 3.5 mm dan port USB 2.0 di bagian bawah. Beralih ke belakang, terdapat modul kamera ditemani dengan lampu flash LED.

Performa

Dengan banderol sekira Rp2,7 juta, LG K10 menawarkan performa hardware yang tidak biasa. Dengan dukungan chipset Mediatek MT6750 octa-core 1.5 GHz yang dipasangkan dengan RAM 2GB, rasanya cukup untuk penggunaan sehari-hari.

Untuk membuktikan ketangguhan ponsel ini, Okezone menggunakan beragam aplikasi benchmark untuk mendapatkan penilaian. Dalam pengujian, Okezone menggunakan AnTuTu dan Geekbench 4.

 

Hasilnya, dalam pengujian Geekbench 4 didapat hasil 596 di sisi single-core dan 2158 di sisi multi-core. Sementara itu, AnTuTu memberikan skor 39.130 untuk ponsel ini.

 

Untuk melakukan pengujian lebih mendalam, Okezone juga menjajal LG K10 dalam memainkan game. 'Nova Legacy' menjadi pilihan Okezone untuk melakukan pengujian game. Hasilnya, tidak ada lag saat game sedang berjalan. Namun pemakaian ponsel cukup lama untuk bermain game membuat bagian bodi belakang terasa panas.

Software

Salah satu keunggulan LG K10 dibandingkan dengan ponsel lainnya adalah penggunaan Android Nougat. Alhasil, LG K10 membawa banyak keunggulan Nougat, seperi multi-tasking dan data saver.

Untuk memuaskan rasa penasaran, Okezone mencoba fitur multi-tasking yang terdapat di ponsel Nougat. Hasilnya, kegiatan menonton YouTube dapat dilakukan berbarengan dengan mengetik pesan di WhatsApp.

Fitur Pendukung

Untuk fitur-fitur pendukung, ada baiknya membahas sektor fotografi terlebih dahulu. Dalam LG K10, fitur kamera selfie lebih diunggulkan. Sebab, di bagian depan terdapat lensa wide angle bersudut 120 derajat untuk cakupan selfie yang lebih baik.

Untuk penggunaan kamera depan, hasil selfie yang didapat sudah cukup baik. Namun hasil yang didapat masih terbilang kurang natural karena banyaknya noise.

Beralih ke bagian belakang, kehadiran kamera berukuran 13 MP juga belum mampu mengangkat hasil gambar, terlebih di kondisi ruangan bercahaya rendah. Namun, di pengambilan gambar outdoor hasilnya cukup memuaskan.

Kini beralih ke fitur pemindai sidik jari. Penempatan modul pemindai sidik jari di bagian belakang ternyata membuat pengguna semakin mudah dalam mengakses berbagai fitur. Pasalnya, LG K10 menawarkan fingerprint multi-fungsi.

Selain membuka ponsel, fingerprint di ponsel ini dapat melakukan beragam tugas, seperti mengambil selfie, melakukan screenshoot, dan melakukan beragam fungsi navigasi lainnya.

Perbandingan Spesifikasi LG K10 dengan Xiaomi Redmi Note 4

Dengan dimensi bodi yang terbilang mirip, Xiaomi Redmi Note 4 juga memiliki fitur yang hampir serupa. Hal yang paling mirip terletak di sektor kamera belakang 13 MP dan kamera selfie berukuran 5 MP.

 

Lebih detail, spesifikasi Redmi Note 4 antara lain, mengusung layar 5,5 inci, prosesor MT6797 Helio X20, GPU Mali-T880 MP4, RAM 4GB, dukungan microSD hingga 256GB, opsi memori 16GB/2GB RAM (edisi standar) hingga 64GB/4GB RAM (ekslusif) dan baterai 4.100 mAh.

Sementara LG K10 dibekali dengan layar 5,3 inci, chipset Mediatek MT6750 octa-core 1.5 GHz, Mali-T860MP2, storage internal 16 GB, RAM 2GB, dukungan microSD hingga 256GB, kamera belakang 13MP, kamera depan 5MP serta baterai 2.800 mAh.

(ahl)
TAG : LG Xiaomi LG Xiaomi

Baca Juga

Nih! Cara Mudah Pakai Google Alert yang Jarang Diketahui Pengguna

Nih! Cara Mudah Pakai Google Alert yang Jarang Diketahui Pengguna