Unik, Robot Bantu Tim Voli Jepang saat Berlatih

Unik, Robot Bantu Tim Voli Jepang saat Berlatih

(Foto: The Verge)

JAKARTA - Sebagai salah satu negara di Asia yang menonjol di bidang teknologi, Jepang memang dikenal sebagai negara penghasil robot. Tak heran, pabrik-pabrik di Negeri Sakura telah mengadopsi sistem robotik.

Uniknya, Universitas Tsukuba dan Asosiasi Bola Voli Jepang juga turut menggunakan robot. Dikutip dari Digital Trends, Selasa (18/4/2017), robot tersebut digunakan untuk memudahkan program dari pelatihan voli serta mencari variasi latihan.

Robot tersebut mampu bergerak dengan kecepatan 3,7 meter per detik, tentu lebih cepat dari manusia. Dibawa pada saat latihan, tiga robot dengan tangan mencoba untuk menghadang bola dan bergerak yang menyamping di depan jaring.

​Tentu saja, ini bukan pertama kalinya robot memasuki dunia olahraga. Pada turnamen tahunan RoboCup sepakbola misalnya, pemanfaatan robot telah dikenalkan oleh tim bisbol Korea Selatan.

Kabarnya, peneliti juga akan memamerkan robot tersebut di ajang IEEE (International Conference on Robotic and Automation) di Singapura pada Mei 2017.

(kem)


Baca Juga

Perhatikan Hal Ini agar Tak Jadi Korban Persekusi di Medsos

Perhatikan Hal Ini agar Tak Jadi Korban Persekusi di Medsos