Keren, Lensa Ini Mampu Tangkap Sidik Jari dari Jarak Satu Meter

Keren, Lensa Ini Mampu Tangkap Sidik Jari dari Jarak Satu Meter

Keren, Lensa Ini Mampu Tangkap Sidik Jari dari Jarak Satu Meter (Foto: Daily Mail)

JAKARTA - Mengembangkan sistem keamanan, para peneliti menciptakan sebuah lensa ultra. Lensa itu diklaim dapat menangkap detail sekecil sidik jari dari jarak satu meter tanpa memerlukan lensa panjang.

Lensa ini menggabungkan laser dengan teknik memanfaatkan holografi, mikrosop, dan ‘Matrix-style bullet time’ untuk membangun gambar mikron resolusi.

Dikenal sebagai Synthetic Apertures untuk jangka panjang subdiffraction limited Visible Imaging (SAVI), sistem ini menggunakan laser yang dapat menerangi tempat tertentu, dan menangkap speckles pattern dengan sensor kamera.

Speckles sendiri bertindak sebagai refernsi balok dan mengganti salah satu dari dua balok yang digunakan untuk membuat hologram.

Kemudian, data dari beberapa posisi dimasukkan ke dalam komputer untuk mendapatkan resolusi tinggi. Meskipun hanya dapat digunakan dengan sumber pencahayaan seperti laser, para peneliti mengatakan pihaknya masih dalam tahap pengembangan,

"Hari ini, teknologi dapat diterapkan dengan hanya koheren (laser) cahaya. Itu berarti Anda tidak dapat menerapkan teknik ini untuk mengambil gambar di luar ruangan," kata Ashok Veeraraghavan, seorang asisten profesor teknik listrik dan komputer, dikutip dari Dailymail, Kamis (20/4/2017).

Para peneliti menggunakan teknik sama dengan apa yang ada di balik efek khusus Matrix, di mana gambar ditangkap dari sudut sedikit berbeda.

(kem)

Baca Juga

Gunakan Matematika, Ilmuwan Coba Selidiki Kemungkinan Time Travel

Gunakan Matematika, Ilmuwan Coba Selidiki Kemungkinan Time Travel