Bisa Terhubung ke Smartphone, Ilmuwan Bikin Perangkat untuk Tunawicara

Bisa Terhubung ke Smartphone, Ilmuwan Bikin Perangkat untuk Tunawicara

(Foto: Ibtimes)

TOKYO - Para ilmuwan di Jepang telah mengembangkan sebuah perangkat yang dapat membaca pikiran orang hanya dengan memantau gelombang otak mereka. Sistem ini mampu menerjemahkan aktivitas otak menjadi angka dan suku kata.

Sistem dapat digunakan untuk membuat telepati typewriter bagi orang yang tidak mampu berkomunikasi atau tunawicara. Para peneliti di Toyohasi University of Technology mengklaim, sistem itu dapat mengenali angka nol sampai sembilan dengan tingkat akurasi 90 persen, serta mengakui 18 jenis suku kata tunggal Jepang dengan akurasi 60 persen.

Perangkat tersebut tentu mudah dioperasikan dan dapat terhubung ke smartphone, juga akan terus dikembangkan dalam lima tahun ke depan.

Untuk mengembangkan perangkat, ilmuwan menggunakan Electroencephalogram (EEG) yang terhubung ke elektroda, sehingga dapat memantau gelombang otak manusia yang berbicara. Data aktivitas otak kemudian dipetakan ke nomor dan suku kata, akhirnya memungkinkan sistem secara otomatis mengenali apa yang dikatakan.

Sekarang, peneliti berencana membuat otak komputer antarmuka yang mampu mengenali kata-kata berdasarkan pengalaman, terwujud dalam bentuk "typewriter EEG" dan menawarkan antarmuka alami tanpa batasan apapun.

Diketahui, CEO Facebook Mark Zuckerberg adalah pendukung dari teknologi itu. Sebelumnya ia menyarankan bahwa platform media sosial di masa depan akan memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi satu sama lain secara langsung dengan menggunakan pikiran saja. Demikian dikutip dari IBTimes, Rabu (19/4/2017).

(ahl)

Baca Juga

Mantap! Satelit Hasil Cetakan 3D Segera Meluncur ke Luar Angkasa

Mantap! Satelit Hasil Cetakan 3D Segera Meluncur ke Luar Angkasa