Pilkada DKI Jakarta Hasilkan 1,1 Juta Kicauan di Twitter

Pilkada DKI Jakarta Hasilkan 1,1 Juta Kicauan di Twitter

(Foto: Twitter)

JAKARTA - Pesta demokrasi yang dirayakan oleh warga DKI Jakarta pada Rabu 19 April 2017, tak hanya ramai di dunia nyata namun pula di dunia maya khususnya Twitter. Platform media sosial tersebut mencatat telah ada 1,1 juta kicauan yang berkaitan dengan Pilkada DKI Jakarta di hari pencoblosan.

Puncak dari keseluruhan kicauan terjadi pada pukul 15.30 WIB, Rabu 19 April 2017. Twitter menjelaskan bahwa dalam satu menitnya, terdapat 1.600 tweet yang terkumpul. Jumlah itu dikatakan lebih besar dibandingkan dengan jumlah kicauan yang terjadi pada hari pencoblosan di putaran pertama pada Februari 2017.

"Sebagian besar masyarakat berbagi keseruan saat mereka menuju dan berada di Tempat Pemilihan Suara (TPS). Jari-jari ungu sebagai penanda partisipasi mereka pada pesta demokrasi Jakarta mewarnai linimasa, menjadikan foto dan video sebagai konten yang juga banyak dibagikan selain tulisan semata," tulis Twitter dalam blog resminya, Kamis (20/4/2017).

Kicauan dari beberapa tokoh terkenal juga turut dipajang Twitter dalam blog-nya. Seperti saat presenter cantik Ira Koesno yang menuliskan tweet usai memilih di TPS. Sembari mengunggah foto jari kelingking berwarna ungu, Ira menuliskan harapannya setelah Pilkada usai.

Selain itu terdapat pula kicauan dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama sang istri setelah menyumbangkan hak pilihnya. Ia juga turut menuliskan harapan kepada gubernur terpilih agar bekerja untuk kemajuan Jakarta.

Tak hanya menjelaskan jumlah kicauan yang terkumpul selama pemilihan gubernur dan wakil gubernur kemarin, Twitter juga memajang hashtag apa saja yang menjadi trending topic di layanannya.

Tagar #AkuCoblosAniesSandi menjadi topik yang berada di nomor satu mengalahkan tagar #PilkadaDKI di urutan kedua. Sementara tagar #TerimaKasihAhok, #Elu2Gue2, dan #BesokCoblosNo3, masing-masing berada di urutan ketiga, keempat, dan kelima.

(kem)

Baca Juga

Diretas, Skype Berhasil Identifikasi Para <i>Hacker</i>-nya

Diretas, Skype Berhasil Identifikasi Para Hacker-nya