Tak Hanya Smartphone, Sensor Sidik Jari Sambangi Kartu Kredit

Tak Hanya Smartphone, Sensor Sidik Jari Sambangi Kartu Kredit

(Foto: Bankrate)

NEW YORK – Industri sektor keuangan turut mengembangkan bisnisnya mengikuti perkembangan teknologi. Kini, salah satu perusahaan keuangan menggunakan teknologi sensor sidik jari.

Seperti halnya model pembayaran mobile, teknologi ini mengharuskan pengguna menempatkan jarinya di atas sensor saat melakukan transaksi. Sebelumnya, teknologi yang mendarat pada kartu kredit ini telah diuji coba di Afrika Selatan.

Kepala ilmuwan di Laboratorium Penelitian Keamanan Berlin, Karsten Nohl, kepada BBC mengatakan bahwa teknologi ini agak sulit untuk diretas.

“Anda hanya memiliki sembilan pilihan fingerprint sebelum Anda kehabisan pilihan,” katanya.

Ia juga menyebutkan bahwa sensor sidik jari lebih baik dibanding teknologi yang digunakan perusahaan keuangan untuk melakukan transaksi via kartu kredit.

"Dari kombinasi chip dan PIN, PIN adalah elemen yang lebih lemah. Penggunaan sidik jari, bisa menghilangkannya," ujar Nohl.

Pemindaian sidik jari sebelumnya telah diimplikasikan untuk kartu kredit, namun dengan menggunakan alat yang terpisah. Namun kini perusahaan memangkas hal itu dengan menyematkan sensor biometrik pada kartu. Demikian seperti dilansir BBC, Kamis (20/4/2017).

(kem)

Baca Juga

Mozilla Akan Gelontorkan USD2 Juta untuk Penemu Teknologi Internet Baru

Mozilla Akan Gelontorkan USD2 Juta untuk Penemu Teknologi Internet Baru