Peneliti Ciptakan Alat Produksi Air dengan Kekuatan Surya

Peneliti Ciptakan Alat Produksi Air dengan Kekuatan Surya

Foto: Dok. CNN

CALIFORNIA – Peneliti menemukan solusi baru yang bisa membawa air bersih. Tim akhirnya menciptakan perangkat bertenaga surya yang bisa meproduksi air keluar dari padang pasir. Demikian seperti dilansir dari laman CNN.

“Saya sangat senang menyadari fungsi dari perangkat di area ini dan bisa memberikan air bersih untuk semua orang yang memerlukan,” ungkap Associate Mechanical Engineering Professor di MIT, Evelyn Wang.

Ketika metode lainnya seperti generator atmosfer sudah ada, proyek ini bekerja di daerah kering dan menggunakan sedikit energi. Perangkat ini berbentuk kotak. Di dalam kotak tersebut terdapat lapisan yakni logam organik atau juga disebut MOF. Material tersebut penting karena berfungsi menyerap air sebanyak mungkin ke dalam kotak tersebut. Sehingga air tersebut terkumpul dari udara da hujan.

Alat ini berfungsi untuk menyerap 2,8 liter air per kilogram mogam organik. Yang artinya, penyerapan bisa dilakukan di wilayah yang lembab dengan level di bawah 20% jika dibandingkan dengan perangkat yang ada saat ini yakni bekerja pada kelembabab 50%.

Prototipenya sendiri saat ini dirancang sebesar kotak tisu. Tapi hasil produknya diharapkan bisa sebesar koper. Sehingga bisa memproduksi lebih banyak air untuk empat keluarga.

“Kami bisa menyebarkan perangkat ini ke beberapa wilayah, di mana mereka membutuhkan perangkat ini,” tambah Wang. (afr)

(kem)

Baca Juga

Bukan Manusia, Ilmuwan Temukan Spesies yang Bisa Bertahan Hidup dari Perubahan Iklim

Bukan Manusia, Ilmuwan Temukan Spesies yang Bisa Bertahan Hidup dari Perubahan Iklim