"Kencan Singkat" dengan LG G6, Sang Penantang Galaxy S8

(Foto: Dini/ Okezone)

PASAR smartphone Tanah Air tampaknya akan diramaikan oleh produk smartphone premium pada kuartal kedua tahun ini. Setelah Samsung mengumumkan peluncuran galaxy S8 dan S8 Plus yang mulai bisa didapatkan secara global pada 21 April, kemudian Apple dengan Iphone 7 nya yang juga sudah mendapatkan restu untuk 'jualan' di Indonesia, kali ini Indonesia bakal kedatangan kompetitor yang bakal menjadi pesaing serius dua handset premium tadi yakni LG G6 yang direncanakan bakal menyapa pelanggan Indonesia di bulan April ini.

LG sebenarnya sudah lebih dahulu mengumumkan kehadiran G6 secara global, namun smartphone unggulan LG ini belum diboyong ke Indonesia. Meski begitu, tim Okezone mendapatkan kesempatan untuk menjajal G6 lebih dahulu. Untuk versi Indonesia, pihak LG belum mau menjelaskan kapan akan diumumkan kehadirannya. Penasaran dengan kelebihan dan kehebatan dari smartphone premium ini? berikut "kencan singkat" tim Okezone dengan penerus G5 itu.

 

Desain

Jika dilihat dari segi desain, LG G6 memiliki desain yang cukup berbeda dengan G5. LG kali ini mempercayakan G6 membawa unibody bukan modular seperti LG G5. Ketika digenggam, G6 juga cukup nyaman dan tak terlalu licin. Meski di bagian belakang bukan menggunakan material kaca seperti smartphone Samsung, namun ia masih terlihat elegan.

LG juga tak menyematkan terlalu banyak tombol untuk LG G6. Di bagian belakang hanya duduk satu tombol membulat tersemat sensor fingerprint dan berfungsi sebagai power serta unlock. Sementara pada bagian samping kiri terdapat tombol volume. Di bagian bawah akan ditemukan port USB yang bersebelahan dengan speaker, dan di bagian atas dibekali dengan port jack 3.5mm.

Layar

Bicara soal layar, LG G6 disematkan layar 5,7 inci Quad HD + Full Vision dengan rasio 18:9. Berdasarkan pengalaman Okezone, layar LG G6 ini menampilkan warna yang bagus dan layarnya juga cukup sensitif serta smooth dalam menerima perintah. Tak hanya itu, userinterface (UI) yang digunakan di LG G6 juga begitu user friendly, sehingga mudah untuk mengopersaikannya.

Di samping itu, G6 juga memungkinkan layarnya untuk melakukan multi windows. Dengan menggunakan multi windows ini memudahkan pengguna untuk membuka dua aplikasi yang berbeda sekaligus dalam satu tampilan.

Kamera

Berbeda dengan Galaxy S8 yang hanya membawa single kamera, LG justru menyematkan dual camera belakang beresolusi 13 MP di ponsel unggulan terbarunya. Satu kamera berfungsi sebagai kamera normal dan satu lagi berfungsi sebagai kamera wide. Dengan kamera wide, pengguna bisa mendapatkan field yang lebih luas. Ketika dijajal untuk mengambil daftar detail, hasil yang diberikan G6 itu bagus karena memberikan warna yang tampak hidup di objek yang difoto.

Selain itu, LG juga menyematkan beragam fitur menarik di LG G6, mulai dari mode hingga flash. Menyusul kamera belakang, kamera depan LG G6 juga tak kalah dengan kamera belakang. Selain memiliki banyak mode, kamera depan beresolusi 5MP di G6 juga memiliki banyak filter yang bisa langsung diaplikasikan di foto selfie Anda seperti cool, calm, deep, hingga BW.

(hasil kamera belakang/ Dini)

(hasil kamera belakang/ Dini)

(hasil kamra depan)

Suara

LG memberikan fitur Hifi Quad DAC. Menjajal kemampuan suaranya, Okezone menggunakan G6 untuk menonton film dan menggunakan headphone untuk merasakan pengalaman Hifi yang ditawarkan. Suara yang dihasilkan terdengar seperti suara di bioskop dan memancarkan suara yang cukup jernih.

Baterai

Untuk baterai, LG menyematkan G6 dengan baterai 3.300 mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar itu, berdasarkan pengalaman Okezone, Anda bisa mendapatkan dua hari waktu standby. Tak hanya itu, baterainya juga cukup awet dibuat bermain game dan juga nonton film selama seharian. Untuk lebih efisien waktu ketika men-charge smartphone, LG membekali G6 dengan Quick Charge 3.0.

Kedatangan smartphone baru LG nantinya akan meramaikan pasar smartphone dan juga menjadi penantang baru bagi Galaxy S8. Layaknya LG, ponsel besutan Samsung itu juga memberikan sentuhan yang berbeda dengan pendulunya. Samsung memberikan layar bezel-less sehingga membuat layar smartphone terlihat lebih lega. Perusahaan asal Korea Selatan itu juga melapisi layar Galaxy S8 dengan Corning Gorilla Glass 5. Tak hanya di layar depan, di bagian belakang Samsung juga melapisi panelnya dengan Corning Gorilla Glass 5.

(din)
TAG : LG LG

Baca Juga

Nih! Perhatikan Ini untuk Ciptakan Foto Mengesankan dengan Ponsel

Nih! Perhatikan Ini untuk Ciptakan Foto Mengesankan dengan Ponsel