Ilmuwan Temukan Kandungan di Buah Bit agar Otak Lebih Muda

Ilmuwan Temukan Kandungan di Buah Bit agar Otak Lebih Muda

(Foto: Daily Mail)

JAKARTA - Otak merupakan salah satu organ yang cukup vital bagi manusia. Ibarat sebuah gawai, otak bisa berfungsi sebagai memori penyimpanan sekaligus prosesor yang mendorong performa. Oleh karena itu, menjaga kesehatan otak merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan.

Salah satu yang dapat dilakukan agar menjaga kesehatan fungsi otak ialah dengan memakan makanan yang mengandung vitamin. Sementara buah, diketahui sebagai sumber vitamin alami yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun terdapat buah yang diketahui bisa meremajakan fungsi otak manusia.

Sebuah studi yang dilakukan oleh seorang profesor, Jack Rejeski, menemukan bahwa oksida nitrat merupakan molekul yang sangat kuat. Hal ini akan menyebar ke seluruh tubuh yang membutuhkan oksigen. Selain itu juga, otak membutuhkan banyak oksigen dalam tubuh Anda. Demikian seperti dinukil dari laman Daily Mail.

Zat tersebut sendiri bisa didapat dengan mengonsumsi buah bit. Dengan mengonsumsi buah bit tersebut dan dikombinasikan dengan latihan, bisa membuat otak akan lebih muda. Jus ini sendiri berfungsi meningkatkan aliran darah ke otak serta memperbaiki performa latihan Anda.

Peneliti dari Wake Forest University, North Carolina, menguji 26 pria dan wanita dengan usia 55 tahun dan lebih tua. Mereka adalah orang-orang yang tidak pernah melakukan latihan dan memiliki tekanan darah tinggi.

Beberapa dari partisipan diberikan jus buah bit selama satu jam sebelum berjalan, untuk 50 menit treadmill. Sementara lainnya tidak diberikan jus buah bit. Hal ini terus dilakukan selama enam bulan berturut-turut dalam tiga kali seminggu.

Mereka yang mengonsumsi jus tersebut memiliki otak yang lebih sehat, peningkatkan emosi yang lebih baik, serta fungsi kognitif mereka. Buah bit ini sendiri mengandung nitri yang kemudian menjadi oksida nitrat ke dalam tubuh.

(kem)

Baca Juga

Techno of The Week: Munculnya Api di Dalam Lautan hingga <i>Hacker</i> Naik Daun di Jagat Maya

Techno of The Week: Munculnya Api di Dalam Lautan hingga Hacker Naik Daun di Jagat Maya