Elon Musk Targetkan Teknologi Antarmuka Otak-Mesin Rampung dalam Empat Tahun

Elon Musk Targetkan Teknologi Antarmuka Otak-Mesin Rampung dalam Empat Tahun

Elon Musk Targetkan Teknologi Antarmuka Otak-Mesin Rampung dalam Empat Tahun (Foto: Reuters)

WASHINGTON - Beberapa pekan lalu, pengusaha sukses Elon Musk mulai mengembangkan mengembangkan teknologi antarmuka otak-mesin.

Kini, Musk telah mengundang Tim Urban untuk mengungkapkan hasil kerja yang sudah dilakukan Neuralink, perusahaan yang dipercaya Musk untuk mengejakan proyek tersebut.

Belakang diketahui, Neuralink bukanlah satu-satunya perusahaan yang mengerjakan teknologi antarmuka otak mesin. Pasalnya, Facebook dikabarkan juga tengah menggarap proyek tersebut.

Meski demikian, Musk dan timnya tampak sangat dekat untuk mewujudkan rencananya tersebut. Pendiri Spacex dan Tesla itu akan memiliki sesuatu yang besar di pasar untuk mengobati luka pada otak yang parah.

“Kami bertujuan untuk membawa sesuatu ke pasar yang membantu dengan cidera otak parah (stroke, lesi kanker, bawaan) dalam waktu sekitar empat tahun,” ujar Musk seperti dilansir dari Engadget, Jumat (21/4/2017).

Sesuatu yang diperuntukan orang tidak cacat, Musk percaya akan menciptakannya dalam waktu delapan hingga sepuluh tahun.

Akan tetapi, jika tim dapat melepas perangkat keras nirkabel biokompatibel implan yang diimpikan, manusia bisa berkomunikasi dengan komputer bahkan satu sama lain dengan hanya memikirkannya.

Musk berharap pada “Era Wizard”, komunikasi otak langsung bisa terjadi jika proyek Neuralink berhasil. Ini diharapkan bisa mengurangi ketergantungan manusia dengan kecerdasan buatan.

(kem)

Baca Juga

DO YOU KNOW: Ini Loh.. Alasan Air Mata Keluar saat Kita Sedang Sedih

DO YOU KNOW: Ini Loh.. Alasan Air Mata Keluar saat Kita Sedang Sedih