Techno of The Week: Perhatikan Ini agar Mata Tak Cepat Lelah Akibat Menatap Layar Smartphone

Techno of The Week: Perhatikan Ini agar Mata Tak Cepat Lelah Akibat Menatap Layar Smartphone

Ilustrasi (Foto: Thehindu)

JAKARTA - Penggunaan smartphone yang terlalu intens, boleh jadi membuat mata pengguna lelah. Bila hal ini terus dibiarkan, maka bisa berakibat buruk bagi kesehatan indra penglihatan.

Diambil dari berbagai sumber, lakukan ini untuk menghindari mata lelah akibat terpapar layar smartphone atau monitor.

Turunkan Kecerahan Layar

Menurunkan kecerahan layar selain membuat baterai smartphone lebih awet, juga bisa mengurangi mata lelah. Dengan menurunkan kecerahan layar, paparan cahaya tidak terlalu kuat menerpa mata.

Perbesar Huruf

Huruf atau teks yang terlalu kecil membuat pengguna kesulitan untuk membaca. Semakin besar huruf, teks dapat lebih mudah dilihat. Namun, pastikan ukuran huruf tepat sesuai kenyamanan pengguna.

Bila huruf terlalu kecil, pengguna cenderung mendekatkan wajah ke layar. Hal ini bisa membuat mata cepat lelah karena paparan cahaya layar tersebut.

Pastikan Ruangan Terang

Hindari menatap layar smartphone atau monitor dalam ruangan gelap. Sebab, pancaran cahaya dari layar langsung menuju mata pengguna mengakibatkan mata cepat lelah serta mengganggu kesehatan mata.

Mengedipkan Mata

Apabila pengguna terlalu seru menatap layar, mungkin pengguna tidak berkedip sehingga membuat mata menjadi kering. Mengedipkan mata adalah cara alami untuk menjaga kelembapan mata.

(ahl)

Baca Juga

Cara Kirim Banyak Kontak WhatsApp Sekaligus

Cara Kirim Banyak Kontak WhatsApp Sekaligus