Adu Smartphone RAM 6GB, Galaxy C9 Pro vs R9S Plus

Adu Smartphone RAM 6GB, Galaxy C9 Pro vs R9S Plus

(Foto: Lely Maulida/Okezone)

JAKARTA - Ponsel high-end besutan Samsung dirilis dalam seri Galaxy S dan Note. Namun kini, Samsung menyematkan fitur kelas tinggi melalui seri yang lain.

Seperti Galaxy C9 Pro yang belum lama ini mendarat di Indonesia. Ponsel ini disokong dengan RAM 6 GB sebagai salah satu spesifikasi andalannya. Selain itu bentang layar luas tersemat pada smartphone ini dengan luas 6 inci. Sederet fitur lainnya juga dibenamkan Samsung pada ponsel kelas menengah ini.

Tim redaksi Okezone berkesempatan untuk menjajal Galaxy C9 Pro. Berikut ulasan yang berhasil Okezone rangkum untuk Anda.

Tampilan

Galaxy C9 Pro dibekali dengan bentang layar seluas 6 inci berteknologi super Amoled (1080x1920 pixel). Ukuran ini terbilang luas untuk layar smartphone sehingga kurang nyaman untuk mengenggamnya dengan satu tangan.

Meski menggunakan layar dengan ukuran lebar, smartphone ini mengusung body yang ramping dengan ketebalan hanya 6,9 mm. Secara keseluruhan, penempatan port USB, jack audio 3,5 mm, serta tombol fisik lainnya masih sama dengan mayoritas smartphone Samsung. 

Namun untuk seri C9 Pro ini, Samsung menggunakan port USB tipe C, seperti yang sebelumnya digunakan Galaxy seri A. Sementara untuk menyematkan kartu SIM dan micro-SD, Samsung C9 Pro dibekali dengan slot dual-SIM (Nano) terpisah dengan slot pendukung memori eksternal. Slot yang terpasang di bagian samping body ponsel ini akan membantu pengguna yang memiliki SIM ganda dan kebutuhan memori yang lega.

Dari sisi antarmuka, C9 Pro menghadirkan tampilan khas Samsung dengan deretan aplikasi pada tab menu. Smartphone ini juga mendukung fitur Always On Display yang mampu menampilkan informasi, bahkan saat layar dalam keadaan mati. 

Performa 

Samsung C9 Pro disokong dengan prosesor Snapdragon 653 octa-core 1,9 GHz dan GPU Adreno 510 cortex-A53. Chipset ini terbilang cukup bagi pengguna smartphone kelas menengah bahkan untuk pecinta game mobile.

Okezone sempat menjalankan beberapa game ringan hingga berat seperti Beat X dan Asphalt 8. Game Beat X mampu dijalankan dengan baik oleh C9 pro, didukung touch screen ponsel yang responsif. 

Begitu pula dengan game Asphalt dan beberapa aplikasi seperti pemutar musik dan film, juga bisa dijalankan dengan baik. 

Kamera

Samsung menyematkan kamera beresolusi 16 MP, baik untuk kamera depan maupun belakang. Namun kamera belakang didukung dengan beberapa fitur untuk menjepret gambar lebih baik seperti pengaturan ISO dan white balance serta pengaturan metering light.

Berdasarkan hasil pengujian, kamera belakang ponsel ini mampu menentukan fokus gambar dengan cepat, kontras warna yang jelas. Selain itu, kamera juga mampu menangkap objek gambar dengan pencahayaan yang minim dengan baik. Sayangnya, hasil jepretan terbilang kurang tajam. C9 Pro juga mampu merekam video full HD disertai dengan penggunaan lampu flash LED.

Baterai

Smartphone kelas menengah besutan Samsung ini membawa baterai dengan kapasitas 4.000 mAh. Dengan sokongan baterai itu, smartphone ini diklaim mampu bertahan dengan waktu bicara hingga 18 jam dan waktu penggunaan internet 4G hingga 16 jam.

Berdasarkan hasil percobaan Okezone, dengan penggunaan jaringan internet untuk streaming video, smartphone ini hanya bertahan 7-8 jam. Namun dalam posisi standby, C9 Pro mampu bertahan hingga lebih dari 3 hari tanpa pengisian ulang. 

Waktu pengisian juga terbilang cepat. Dari daya yang kosong, baterai ponsel ini mampu terisi penuh selama 1,5 jam charge. Smartphone ini pun menyediakan fitur mode hemat untuk mengefisienkan daya baterai. 

Benchmark

Untuk menilai performa dan kemampuan ponsel secara keseluruhan, Okezone menggunakan dua aplikasi benchmark yaitu Geekbench 4 dan AnTuTu Benchmark dari toko aplikasi Play Store. 

Berdasarkan data dari hasil perhitungan aplikasi AnTuTu, Samsung C9 Pro menghasilkan skor akhir 83.834. Skor itu didapatkan dari masing-masing pengujian 3D (19931), UX (33477), CPU (23995), dan RAM (6431). Sementara itu, data yang dirilis aplikasi Geekbench smartphone ini mendapat skor 1422 untuk pengujian single core, dan 4325 untuk skor multi core. 

Dari pengujian AnTuTu, Samsung C9 Pro lebih unggul ketimbang Galaxy S6 dengan skor 81.222. Smartphone ini bersaing dengan ponsel R9s Plus besutan Oppo. 

Baik C9 Pro maupun R9s Plus, memiliki sokongan RAM dan chipset yang sama. Namun meski memiliki RAM yang sama, smartphone Oppo terbilang unggul dengan skor benchmark 91.565. 

Meski begitu, Samsung C9 Pro unggul dari segi CPU common use, UX Data secure, dan UX image process. 

Spesifikasi Galaxy C9 Pro

-          Layar 6 inci Super AMOLED

-          Prosesor Qualcomm Snapdragon 653 octa-core.1,9 GHz

-          RAM 6 GB dengan memori internal 64 GB dan tambahan slot eksternal hingga 256 GB. 

-          Grafis GPU Adreno 510 

-          Kamera belakang dan depan 16 MP

-          Kapasitas baterai 4000 mAh

-          Android Marsmallow

-          Dual nano SIM

Spesifikasi Oppo R9S Plus

-          Layar 6 inci AMOLED

-          Prosesor Qualcomm Snapdragon 653 octa-core.1,9 GHz

-          RAM 6 GB dengan memori internal 64 GB dan tambahan slot eksternal  hingga 256 GB. 

-          Grafis GPU Andreno 510 

-          Kamera belakang dan depan 16 MP

-          Kapasitas baterai 4000 mAh

-          Android Marsmallow

-          Dual nano SIM

(kem)

Baca Juga

Nih! Perhatikan Ini untuk Ciptakan Foto Mengesankan dengan Ponsel

Nih! Perhatikan Ini untuk Ciptakan Foto Mengesankan dengan Ponsel