Wacana Pembentukan Badan Siber Nasional Telah Ada sejak 2013

Wacana Pembentukan Badan Siber Nasional Telah Ada sejak 2013

(Foto: The Next Web)

JAKARTA - Pembentukan Badan Siber Nasional (Basinas) yang belum rampung hingga saat ini sebenarnya telah diwacanakan sejak 2013. Kala itu pada 30 Oktober 2013, Dewan Ketahanan Nasional membentuk sebuah divisi yang disebut sebagai Desk Keamanan Siber Nasional.

Kemudian pada 8 April 2014, divisi tersebut dilanjutkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan dengan dibuatkan Surat Keputusan Menkopolhukam Nomor 24 Tahun 2014 tentang Desk Ketahanan dan Keamanan Informasi Cyber Nasional (DK2ICN).

Nama ‘Badan Siber Nasional’ beserta pembentukannya sendiri mulai diusulkan pihak Kemenkopolhukam kepada Presiden Joko Widodo pada 12 Desember 2014. Wacana pembentukan Badan Siber Nasional kemudian berlanjut hingga 2015.

Saat itu, pembahasan mengenai Basinas melibatkan kementerian lain seperti Kementerian Luar Negeri, Kementerian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) serta Sekretariat Kabinet.

Bahkan pada 22 Juni 2015, BAPPENAS menyetujui penambahan anggaran persiapan pembentukan Badan Cyber Nasional di awal 2016 sebesar Rp3 miliar. Namun, pembicaraan sedikit terganjal di Kemenpan-RB, yang ditemui pada 23 Juni 2015, demikian yang dikutip dari Antara, Rabu (3/5/2017).

Hingga kini, Badan Siber Nasional masih menjadi "pekerjaan rumah" bagi pemerintah untuk direalisasikan. Beberapa pemangku kepentingan bahkan telah mendesak pengesahannya, mengingat maraknya aksi peretasan yang terjadi belakangan ini.

(kem)
TAG : Nasional

Baca Juga

Ngeri.. Ini <i>Lho</i> 5 Virus Komputer Paling Berbahaya di Dunia

Ngeri.. Ini Lho 5 Virus Komputer Paling Berbahaya di Dunia