Jaringan Internet di Era Digital untuk Dunia Pendidikan

Jaringan Internet di Era Digital untuk Dunia Pendidikan

(Foto: Lely Maulida/Okezone)

GIANYAR - Pendidikan merupakan sektor terpenting dalam sebuah negara untuk menghasilkan generasi-generasi yang unggul. Untuk itu, akses internet diperlukan guna mendukung kegiatan belajar maupun mengajar.

Sejumlah sekolah di Bali mendapatkan fasilitas internet melalui program kerjasama salah satu operator Tanah Air, PT XL Axiata dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sebelumnya, program ini juga telah diresmikan XL di beberapa wilayah Jawa dan Sumatera. Kali ini giliran 12 sekolah wilayah Bali yang secara langsung diresmikan oleh Suhadi, Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Kementerian Pendidikan & Kebudayaan.

Dijelaskan Suhadi, jaringan internet kini menjadi kebutuhan untuk mewujudkan pendidikan di era digital. Seperti diketahui, penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) juga telah dilangsungkan dengan basis komputer dan memanfaatkan jaringan internet.

"Program ini sangat mendukung pendidikan dalam memasuki era digital. Diharapkan dengan hadirnya program 1.000 sekolah broadband, meningkatkan kesuksesan UNBK menjadi 100%, paling tidak 90%," terang Suhadi di Bali, Senin (8/5/2017).

Sementara itu, Chief Corporate Affairs XL, Eka Bramantya Danuwirana mengatakan bahwa meski tak berkaitan dengan pendidikan, jaringan internet kini mampu mendukung perkembangan pendidikan di dunia digital.

"Kami tidak memahami pendidikan seperti apa, tapi kami mampu memfasilitasi dunia pendidikan melalui infrastruktur jaringan internet," ujarnya.

Ia juga mengatakan 1.000 sekolah ditargetkan rampung terfasilitasi akses internet hingga akhir tahun. Sebelumnya, 100 sekolah telah mendapat dukungan program 1.000 sekolah broadband yang dimulai sejak September tahun lalu.

(ahl)

Baca Juga

Menkominfo Tanggapi Santai Laporan Ombudsman RI

Menkominfo Tanggapi Santai Laporan Ombudsman RI