Operator Telekomunikasi Siapkan Jaringan Jelang Ramadan

Operator Telekomunikasi Siapkan Jaringan Jelang Ramadan

(Foto: Lely Maulida/Okezone)

SEMINYAK - Jelang Ramadan dan perayaan hari raya idul fitri, XL Axiata memperluas jaringannya di berbagai wilayah. Hal ini dilaksanakan untuk mengurai kepadatan arus penggunaan jaringan telekomunikasi dalam momen spesial umat Islam tersebut.

Seperti diketahui, masyarakat banyak menggunakan jaringan telekomunikasi, terlebih saat mudik dalam menyambut lebaran. Kini, beragam aplikasi dan teknologi pun dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendukung mobilitas mudiknya.

"Kita menyebut mudik tahun ini sebagai mudik digital karena mereka menggunakan berbagai aplikasi untuk membantu mudiknya," kata Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya di Bali, Senin (8/5/2017).

XL Axiata memilih untuk memperluas kapasitas jaringannya 2-3 kali lipat, terkhusus pada wilayah yang mobilitasnya meningkat saat mudik lebaran berlangsung.

"Kita tidak hanya mengcover darat tapi juga wilayah seperti bandara, stasiun, pelabuhan. Kita lihat mana yang kurang kapasitasnya," ujarnya.

Saat arus mudik tahun ini, XL Axiata memperkirakan lonjakan trafik hingga 20-30%. "Tahun ini kita perluas tak hanya di wilayah Jawa, karena kita lihat bahwa mudik 2017 ini mudik digital. Jaringan kita siapkan untuk menghadapi kepadatan mudik digital. Lonjakan trafik diperkirakan 20-30% selama mudik," terang Yessy.

Perusahaan yang identik dengan warna biru ini juga akan memanfaatkan teknologi MME dan MSS in Pool di jaringan core. Teknologi itu akan memudahkan XL Axiata mengalihkan kapasitas dari area yang kelebihan kapasitas ke area yang memerlukan tambahan kapasitas.

(ahl)
TAG : tele

Baca Juga

Kominfo Pantau Kesiapan Jaringan Kunjungi NOC Operator

Kominfo Pantau Kesiapan Jaringan Kunjungi NOC Operator