Menjajal Redmi Note 4, Tampang Premium Pesaing Zenfone 3

Menjajal Redmi Note 4, Tampang Premium Pesaing Zenfone 3

(Foto: Moch. Prima Fauzi/Okezone)

JAKARTA - Setelah mendaratkan Redmi 4A pada Februari lalu ke Indonesia, Xiaomi kembali memperkenalkan seri smartphone 'made in Indonesia' kepada pecinta gawai Tanah Air. Pada 4 April 2017, perusahaan asal China itu memperkenalkan varian lainnya yakni Redmi Note 4.

Desain dan Tampilan

Dibandingkan pendahulunya, Xiaomi Redmi Note 4 memiliki bentang layar yang lebih lega yakni 5,5 inci. Sementara dari segi tampilan luarnya, ponsel pintar tersebut tampak mengalami perubahan. Salah satu yang terlihat dari tampilan layarnya ialah adanya lekukan 2,5D di tiap sisinya.

Selain itu tombol di Redmi Note 4 akan mengeluarkan cahaya jika layar diaktifkan. Fitur ini sebelumnya tak ditemukan di Redmi 4A. Sementara resolusi layarnya ialah 1080 x 1920 piksel dan kerapatan layar 401 ppi. Adapun soal sistem operasi, smartphone ini telah menjalankan Android Marshmallow 6.0 dengan MIUI 8.

Sayangnya, jika beberapa perubahan di atas cukup membuat tampilan Redmi Note 4 seperti smartphone premium, lain halnya dengan bagian belakang ponsel. Pasalnya, Xiaomi masih menggunakan desain cover belakang yang sama seperti Redmi Note 3. Satu hal yang berbeda dari keduanya hanya terlihat dari penempatan speaker.

Sebab, di Redmi Note 4 ini Xiaomi telah memindahkan speaker yang semula berada di bagian belakang, menjadi di bagian bawah bersamaan dengan colokan USB. Meski di sisi tersebut ada dua buah grill speaker yang mengapit lubang USB, namun hanya satu saja yang berfungsi. Lubang speaker di samping kiri hanya sebagai hiasan.

Spesifikasi

Adapun berbicara soal dapur pacu, Xiaomi Redmi Note 4 bisa dibilang sebagai pesaing dari Asus Zenfone 3. Hal itu dikarenakan platform yang digunakan keduanya sama-sama mengandalkan Snapdragon 625. Terlebih varian RAM yang Okezone terima berkapasitas 3 GB yang juga dimiliki oleh Zenfone 3.

Sedangkan spesifikasi lainnya yang dimiliki oleh Redmi Note 4 antara lain baterai jumbo 4.100 mAh, ruang penyimpanan internal 32 GB, dan memori eksternal yang bisa menampung data hingga 256 GB. Xiaomi juga menyediakan varian yang lebih tinggi yakni RAM 4 GB dan kapasitas internal 64 GB.

Benchmark

Guna mengetahui gambaran soal performa yang dimiliki Redmi Note 4, kami pun telah melakukan serangkaian uji coba yang dilakukan dengan beberapa aplikasi benchmark. Pengujian pertama dilakukan dengan menggunakan aplikasi AnTuTu. Hasil dari pengujian apilikasi ini menunjukkan bahwa Xiaomi Redmi Note 4 memiliki skor 62.008. Hasilnya masih berada di bawah Asus Zenfone 3 yang mendapatkan skor sebesar 62.403.

Selanjutnya, pengujian kedua menggunakan aplikasi Geekbench 4 yang bisa diunduh di Play Store. Setelah melakukan proses pengujian, skor akhir dari Redmi Note 4 pun terlihat. Hasilnya, di pengujian single-core, smartphone ini mendapatkan skor 859 dan 2.953 di pengujian multi-core.

Meski sempat unggul dalam pemrosesan di single-core, namun di pengujian multi-core Redmi Note 4 masih terpaut jauh dengan Zenfone 3 yang mendapatkan skor 4.054.

Kami juga menjajal pengujian dengan menggunakan aplikasi PC Mark. Di tahap pengujian ketiga ini, Redmi Note 4 menghasilkan skor akhir 4.750. Sementara untuk Zenfone 3, sayangnya kami belum sempat mengujinya dengan aplikasi ini.

Pengalaman Menjajal Redmi Note 4

Setelah mencoba Xiaomi Redmi Note 4 dalam beberapa pekan, kami bisa menyimpulkan bahwa smartphone ini dapat memenuhi kebutuhan penggunanya seperti menjalankan aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Path, dan lain-lain.

Sedangkan dari segi hiburan, Anda juga bisa memainkan game berat seperti Asphalt Xtreme, dan Injustice: Gods Among Us. Pengalaman kami selama memainkan kedua game tersebut, smartphone ini masih bisa bekerja secara lancar tanpa tersendat atau lag. Selain itu, grafis yang ditampilkan pun terlihat detail dan tajam berkat layar beresolusi Full HD 1080 x 1920 piksel.

Sementara dari segi kameranya, Xiaomi Redmi Note 4 memiliki sensor dengan ketajaman 13 megapiksel serta bukaan f/2.0. Selain itu, terdapat pula kamera di bagian depan 5 megapiksel yang bisa digunakan untuk video call dan berfoto selfie.

Hasil dari kamera utamanya cukup bisa diandalkan. Penyerapan cahaya dari sensor CMOS yang dimilikinya mampu mendapatkan hasil yang jelas serta tajam. Warnanya pun terlihat lebih cerah jika dibandingan dengan foto dari Redmi Note 3. ​Sehingga secara keseluruhan, smartphone ini bisa diandalkan untuk berbagi foto di medsos sekaligus mendapatkan hiburan dari segi pengalaman gaming.

(kem)

Baca Juga

Nih! Perhatikan Ini untuk Ciptakan Foto Mengesankan dengan Ponsel

Nih! Perhatikan Ini untuk Ciptakan Foto Mengesankan dengan Ponsel