Rumah Sakit di Negara Ini Mulai Gunakan Robot

Rumah Sakit di Negara Ini Mulai Gunakan Robot

Foto: Dok. IBTimes

SINGAPURA – Tan Tock Seng Hospital, sebuah rumah sakit di Singapura ini mulai menggunakan robot. Tepatnya, robot tersebut dimafaatkan untuk membantu para apoteker menghilangkan stres mereka.

Seperti dinukil dari laman IBTimes, Robot ‘The Rowa Vmas’ ini merupakan sebuah sistem yang bisa merekam, seperti toko, dan juga membantu mengambilkan obat bagi para pasien. Sehingga, pekerjaan para apoteker untuk memberikan dan memilih obat pun menjadi lebih mudah.

Cara kerja robot ini sendiri yakni apoteker mengirimkan obat yang dimintanya melalui parasut. Nantinya, permintaan tersebut akan diperiksa dengan scanner dan dicetak.

Obat tersebut pun akan dibawa menggunakan ‘lengan robot’, kemudian dipindahkan, dan dikumpulkan oleh resepsionis.

Director, Ancillary Care, Integrated Health Information System, Mark Winn menuturkan bahwa di rumah sakit tersebut terdapat tantangan di mana jumlah pasiennya sangat banyak.

“Jumlah pasien di rumah sakit ini sebanyak 1.400 per hari. Namun kami masih terbatas dalam hal ruang dan kemampuan SDM,” ungkapnya.

Oleh karena itulah, rumah sakit tersebut membutuhkan tenaga robot untuk bisa membantu tugas apoteker tersebut. “Sehingga untuk memastikan bahwa pasien bisa mendapatkan obat mereka tepat waktu, kami memulai dengan cara yang otomatis,” jelasnya.

Winn juga menambahkan bahwa alat ini telah bekerja dengan baik dan memiliki izin.

“Waktu untuk mengambil obat, membungkus, dan melabelinya jauh lebih cepat. Hanya butuh waktu tujuh menit. Itu artinya, apoteker bisa lebih banyak menghabiskan waktu untuk bertemu dengan pasien,” tambahnya. (afr)

(kem)

Baca Juga

<i>Mouse</i> Bisa Deteksi jika Anda Berbohong

Mouse Bisa Deteksi jika Anda Berbohong