Peneliti Kembangkan Cara Jernihkan Air dari Polusi

Peneliti Kembangkan Cara Jernihkan Air dari Polusi

(Foto: MIT)

BOSTON - Peneliti MIT mengembangkan cara untuk membersihkan polusi dari air. Tim mengandalkan metode electrochemical guna menghapus sejumlah kecil kontaminasi.

Pendekatan baru ini digambarkan dalam jurnal Energy dan Environmental Science oleh MIT postdoc, Xiao Su, Ralph Landau Professor of Chemical Engineering, T. Alan Hatton, dan lima lainnya di MIT serta Technical University of Darmstadt di Jerman.

Dilansir MIT News, Rabu (10/5/2017), sistem menggunakan metode baru dengan mengandalkan proses elektrokimia untuk secara selektif menghilangkan kontaminan organik seperti pestisida, produk limbah kimia, dan obat-obatan.

Pendekatan ini juga membahas keterbatasan utama metode pemisahan elektrokimia konvensional, seperti fluktuasi keasaman dan kerugian dalam kinerja yang dapat terjadi.

Sistem penjernihan saat ini menangani kontaminan, termasuk filtrasi membran yang mahal dan memiliki efektivitas terbatas pada konsentrasi rendah. Selain itu, electrodialysis dan deionisasi kapasitif yang seringkali membutuhkan voltase tinggi yang cenderung menghasilkan reaksi samping.

Pada sistem terbaru yang dikembangkan ini, air mengalir di antara permukaan yang diperlakukan secara kimiawi atau difungsikan, yang bertindak sebagai elektroda positif dan negatif.

Permukaan elektroda ini dilapisi dengan apa yang disebut material Faradaic, yang dapat mengalami reaksi untuk bermuatan positif atau negatif. Kelompok aktif ini dapat diatur untuk mengikat kuat dengan jenis molekul polutan tertentu.

Pada saat pengujian, tim menggunakan ibuprofen dan berbagai jenis pestisida. Tim peneliti menemukan bahwa proses ini bisa secara efektif menghilangkan molekul tersebut.

(ahl)

Baca Juga

Teleskop NASA Tangkap Bulan yang Mengorbit di Planet Kerdil

Teleskop NASA Tangkap Bulan yang Mengorbit di Planet Kerdil