Uniknya Orangutan Albino Langka Bermata Biru

Uniknya Orangutan Albino Langka Bermata Biru

(Foto: Reuters)

JAKARTA - Orangutan albino diselamatkan dari sebuah desa terpencil di Kalimantan. Orangutan albino bermata biru itu akan diberi nama melalui kontes pemberian nama untuk hewan tersebut.

Dilansir Ibtimes, Kamis (11/5/2017), grup konservasi Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation membuka kontes penamaan untuk orangutan yang diperkirakan berusia lima tahun itu.

Orangutan ini memiliki rambut pucat dan mata biru yang mencolok. Dia ditahan selama dua hari di kandang oleh penduduk desa di Kapuas Hulu, yang terletak di provinsi Kalimantan Tengah.

Populasi orangutan di Kalimantan telah menurun lebih dari setengahnya selama 60 tahun terakhir. Hewan tersebut terancam punah, menurut World Wildlife Fund (WWF).

"Pemeriksaan fisik awal yang dilakukan oleh tim medis kami telah menentukan bahwa ini adalah orangutan albino: rambut, mata dan warna kulitnya lebih pucat daripada biasanya, dan dia juga sensitif terhadap cahaya," kata BOSF melalui website.

Juru bicara BOSF, Nico Hermanu kepada AFP mengatakan, orangutan adalah langkah, namun orangutan albino lebih langka. "Sejak BOSF didirikan 25 tahun lalu, kami belum pernah membawa orangutan albino di pusat rehabilitasi kami," pungkas Nico.

(ahl)

Baca Juga

Luar Biasa! Proyek Luar Angkasa Paling Spektakuler Ini Akan Ada di Masa Depan

Luar Biasa! Proyek Luar Angkasa Paling Spektakuler Ini Akan Ada di Masa Depan