Dua Pesawat Red Dragon Akan Mengangkasa pada 2020

Dua Pesawat Red Dragon Akan Mengangkasa pada 2020

(Foto: Space)

JAKARTA - NASA membeberkan rencana SpaceX pada 2020 soal misi penerbangan ke Mars. Perusahaan milik Elon Musk itu dikatakan bakal meluncurkan pesawat Red Dragon sebanyak dua unit. Hal itu dilakukan guna menghindari kegagalan misi.

Sebab, satu pesawat Red Dragon yang akan diluncurkan, bertugas sebagai pesawat cadangan apabila satu pesawat lainnya mengalami kegagalan saat mencapai Mars.

Director of Planetary Science NASA, Jim Green, mengumumkan selama konferensi bahwa SpaceX mempertimbangkan meluncurkan dua pesawat Dragon pada 2020. Informasi ini juga diungkap oleh juru bicara SpaceX, John Taylor.

Meskipun proposal tidak secara resmi diumumkan oleh SpaceX, namun John mengatakan kepada Ars Technica bahwa mereka mungkin akan menjajaki kemungkinan tersebut.

Ide dengan dua pesawat luar angkasa itu untuk mengantisipasi apabila satu pesawat mengalami kegagalan karena kondisi pendaratan berbahaya Mars karena atmosfernya yang sangat tipis.

Sekadar informasi, kapsul Dragon akan menjadi objek terberat yang pernah diluncurkan ke Mars. Parasut tidak akan cukup untuk memperlambat pendaratan besar sepert itu.

Untuk mengantisipasi hal itu, perusahaan berencana menggunakan roket penguat untuk memperlambat kapsul. Red Dragon merupakan kapsul SpaceX tak berawak untuk misi Mars berbiaya rendah. Pesawat tersebut diluncurkan dengan menunggangi roket Falcon Heavy, sebagaimana yang dilansir IB Times, Jumat (12/5/2017).

(kem)

Baca Juga

Astaga! UFO Ini Miliki Bentuk Mirip Bulan Sabit, Kok Bisa?

Astaga! UFO Ini Miliki Bentuk Mirip Bulan Sabit, Kok Bisa?