Ilmuwan Swedia Ciptakan Kamus Bahasa Lumba-Lumba

Ilmuwan Swedia Ciptakan Kamus Bahasa Lumba-Lumba

Foto : Shutterstock

STOCKHOLM – Perusahaan teknologi bahasa Swedia, Gavagai AB, berkerja sama dengan para periset di KTH Royal Institue of Technology di Stockholm sedang berencana membuat kamus bahasa lumba-lumba yang sebenarnya.

Berdasarkan laporan Bloomberg yang dikutip dari Futurism, Jumat (12/5/2017), dengan menggunakan perangkat lunak analisis bahasa kecerdasan buatan, memungkinkan manusia dapat berkomunikasi dengan lumba-lumba.

Periset akan memantau dan merekam suara lumba-lumba yang hidup di taman margasatwa di luar Stockholm. Proyek ini kabarnya akan rampung pada 2021.

“Kami berharap bisa memahami lumba-lumba dengan bantuan teknologi kecerdasan buatan. Kami tahu bahwa lumba-lumba memiliki sistem komunikasi yang kompleks, tapi kami belum tahu apa yang mereka bicarakan,” kata Jussi Karlgren, seorang profesor bahasa KTH.

Sebagian besar spesies lumba-lumba mengandalkan beragam suara di kehidupan mereka sehari-hari. Mereka menggunakan suara untuk mencari makanan dan bernavigasi, serta berkomunikasi satu sama lain.

Tahun lalu di cagar alam Rusia, periset mengklaim dapat merekam kemungkinan bahasa antara dua lumba-lumba, dan hasil rekaman tersebut seperti pola kata dan kalimat. Tapi beberapa ilmuwan tak yakin bahwa itu adalah bahasa yang benar.

(kem)

Baca Juga

Keren! Astronot Temukan 2 Asteroid Unik di Dalam Tata Surya

Keren! Astronot Temukan 2 Asteroid Unik di Dalam Tata Surya