Ilmuwan Swedia Ciptakan Kamus Bahasa Lumba-Lumba

Ilmuwan Swedia Ciptakan Kamus Bahasa Lumba-Lumba

Foto : Shutterstock

STOCKHOLM – Perusahaan teknologi bahasa Swedia, Gavagai AB, berkerja sama dengan para periset di KTH Royal Institue of Technology di Stockholm sedang berencana membuat kamus bahasa lumba-lumba yang sebenarnya.

Berdasarkan laporan Bloomberg yang dikutip dari Futurism, Jumat (12/5/2017), dengan menggunakan perangkat lunak analisis bahasa kecerdasan buatan, memungkinkan manusia dapat berkomunikasi dengan lumba-lumba.

Periset akan memantau dan merekam suara lumba-lumba yang hidup di taman margasatwa di luar Stockholm. Proyek ini kabarnya akan rampung pada 2021.

“Kami berharap bisa memahami lumba-lumba dengan bantuan teknologi kecerdasan buatan. Kami tahu bahwa lumba-lumba memiliki sistem komunikasi yang kompleks, tapi kami belum tahu apa yang mereka bicarakan,” kata Jussi Karlgren, seorang profesor bahasa KTH.

Sebagian besar spesies lumba-lumba mengandalkan beragam suara di kehidupan mereka sehari-hari. Mereka menggunakan suara untuk mencari makanan dan bernavigasi, serta berkomunikasi satu sama lain.

Tahun lalu di cagar alam Rusia, periset mengklaim dapat merekam kemungkinan bahasa antara dua lumba-lumba, dan hasil rekaman tersebut seperti pola kata dan kalimat. Tapi beberapa ilmuwan tak yakin bahwa itu adalah bahasa yang benar.

(kem)

Baca Juga

Benarkah Enceladus Bisa Ditempati Manusia?

Benarkah Enceladus Bisa Ditempati Manusia?