Cara untuk Lindungi Diri dari Ransomware

Cara untuk Lindungi Diri dari Ransomware

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SAN FRANCISCO - Virus ransomware disebut berhasil menginfeksi ribuan komputer di puluhan negara di seluruh dunia. Untuk melindungi diri dan data dari serangan malware tersebut, para ahli keamanan memberikan tips apa yang boleh dan tak boleh dilakukan pengguna.

Patch

Menurut laporan dari USAToday, Sabtu (13/5/2017), hal yang perlu dilakukan pertama adalah menambal komputer. Uang tebusan, WannaCry, bergantung pada lubang di kode Windows 10 yang dikeluarkan Microsoft pada 14 Maret. Oleh karena itu, sangat penting, pelanggan membiarkan komputer mereka menambal secara otomatis saat patch dikeluarkan. Mesin berisi patch hanya sedikit berisiko dibanding yang tak memasang patch.

Jangan Menggerutu

Jangan menggerutu ketika sistem administrator Anda menghentikan jaringan secara berkala untuk memperbarui sistem, yang biasanya mencakup pemasangan patch software.

Jangan Meremehkan

Ransomware WannaCry tampaknya hanya menyerang komputer unpatched yang menjalankan Windows 10. Namun, ini tak berarti komputer berjalan di kode Apple atau Linux menjadi congkak. Mereka juga harus secara teratur memperbarui dengan patch software saat dikeluarkan.

Pertimbangkan Perlindungan

Jika Anda tak berada di jaringan kerja yang sudah memiliki keamanan, pertimbangkan untuk menginstal beberapa program keamanan di komputer. Terdapat banyak kemungkinan dan semuanya setidaknya memberi beberapa perlindungan bahkan jika itu hanya pengingat untuk berhati-hati saat men-download file yang berpotensi terinfeksi.

Backup

Backup sistem Anda sepenuhnya dan secara teratur. Dengan cara itu bahkan jika terkena ransomware, Anda telah menyimpan semua file di tempat lain. Perhatikan bahwa backup ini tak bisa di komputer Anda, tapi harus di cloud atau pada harddisk eksternal.

Tutup Port Tersebut

Bila menggunakan jaringan wifi publik, pastikan Anda memberi tahu sistem bahwa Anda berada di jaringan publik. Hal ini akan berfungsi untuk memberi tahu potensi ancaman lingkungan dan ia akan menutup beberapa port software yang lebih rentan.

(din)

Baca Juga

Cara Kirim Banyak Kontak WhatsApp Sekaligus

Cara Kirim Banyak Kontak WhatsApp Sekaligus