Soal Ransomware Wannacry, Ini Tanggapan XL Axiata

Soal Ransomware Wannacry, Ini Tanggapan XL Axiata

XL (Foto: Twitter)

JAKARTA - Ransomware jenis wannacry menyerang berbagai perusahaan secara global. Virus ini menyerang ribuan komputer di lebih dari 100 negara, termasuk Indonesia. Salah satu operator nasional Spanyol, Telfonica juga dilaporkan menjadi salah satu korban wannacry.

Mengantisipasi hal tersebut XL Axiata melakukan upaya untuk melindungi data pengguna dan perusahaan dengan mengupdate patch dan antivirus secara reguler. Langkah ini bahkan telah dilakukan operator telekomunikasi tersebut sejak awal tahun.

"XL telah melakukan upaya proteksi di antaranya update patch dan juga antivirus terhadap malware terbaru secara regular. Untuk update patch secara lebih aktif bahkan mulai kami lakukan sejak awal tahun sebagai antisipasi atas hal-hal serupa ini," terang General Manager Corporate Communication XL Tri Wahyuningsih kepada Okezone, Senin (15/5/2017).

XL juga terus mencermati dan melakukan monitoring semua perangkat komputer dan notebook karyawannya untuk memastikan wannacry tidak mengganggu aktivitas operasional perusahaan. Secara internal, XL Axiata mengimbau kepada para karyawan untuk lebih berhati-hati dan mengikuti prosedur keamanan data perusahaan.

"XL mengimbau kepada para karyawan kami untuk lebih berhati-hati dan mengikuti semua prosedur pengamanan data internal termasuk di antaranya melakukan back up data, tidak membuka email dan lampiran yang tidak dikenal, melakukan update antivirus dan sebagainya," katanya.

Di sisi lain, perusahaan yang lekat dengan warna biru ini bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk memberikan imbauan kepada pelanggannya.

"Secara proaktif kami juga bekerja sama dengan dengan Kominfo untuk memberikan imbauan ke pelanggan XL melalui SMS broadcast sejak tadi pagi," ujarnya.

(ahl)

Baca Juga

Kominfo Pantau Kesiapan Jaringan Kunjungi NOC Operator

Kominfo Pantau Kesiapan Jaringan Kunjungi NOC Operator