Startup Ini Ingin Bikin Dunia Mirip Film 'The Matrix'

Startup Ini Ingin Bikin Dunia Mirip Film 'The Matrix'

(Foto: Daily Mail)

LONDON - Sebuah firma di London bernama Improbable berharap bisa mengubah dunia menjadi sebuah simulasi dan membuat 'The Matrix' menjadi kenyataan. Ia telah mengembangkan sistem untuk membangun dunia maya dan simulasi yang masif.

Improbable sekarang mengungkapkan investasi baru yang besar untuk meningkatkan piranti lunak cerdasnya. Ia sudah bekerja dengan kota-kota untuk menciptakan simulasi kompleks seluruh wilayah untuk membantu perencanaan dan mengatakan software bisa digunakan untuk segala hal mulai dari permainan hingga menciptakan dunia baru yang bisa digunakan manusia untuk menggunakan headset.

"Visi kami adalah untuk membuat dunia virtual yang masif. Pada dasarnya, kami ingin membangun Matrix," kata Herman Narula, CEO Improbable kepada Daily Mail, Selasa (16/5/2017).

Perusahaan yang juga memiliki kantor di San Francisco mengungkapkan bahwa ia mengumpulkan dana sebesar USD502 juta yang dipimpin oleh SoftBank, dengan investor sebelumnya Andreessen Horowitz dan Horizons Ventures juga ikut berpartisipasi.

"Kami percaya bahwa fase utama berikutnya dalam komputasi munculnya dunia maya skala besar yang memperkaya pengalaman manusia dan mengubah bagaimana kita memahami dunia nyata," kata Narula.

Produk pertama Improbable, SpatialOS digambarkan sebagai sistem operasi terdistribusi untuk simulasi berskala besar. Teknologi memungkinkan terciptanya simulasi masif (dunia maya) pada tingkat skala dan kompleksitas komputasi yang jauh lebih besar dibanding sebelumnya dan sekaligus bisa mendukung pengguna terhubung secara simultan.

Selain itu, perusahaan juga menggunakannya untuk mensimulasikan dunia nyata. "Kami sudah mengerjakan proyek dengan perusahaan telekomunikasi, pemerintah, dan klien perusahaan lainnya untuk mengeksplorasi kemampuan simulasi terperinci untuk mendorong keputusan yang lebih baik menggunakan data dunia nyata dan berharap bisa membicarakan hal ini di masa depan," katanya

Aplikasi potensial meliputi simulasi infrastruktur transportasi, jaringan telekomunikasi atau perilaku armada kendaraan otonom, kata perusahaan itu. Pengembang telah menggunakan SpatialOS untuk membangun berbagai jenis permainan yang dimanfaatkan untuk mengelola skala yang lebih besar, jumlah pemain yang lebih tinggi, dan skala yang mudah di dunia maya yang mulus.

(din)


Baca Juga

Lagi, Spesies 'Tikus Air' Ini Terancam Punah di Inggris

Lagi, Spesies 'Tikus Air' Ini Terancam Punah di Inggris