Apple Watch Bisa Deteksi Stroke Secara Akurat

Apple Watch Bisa Deteksi Stroke Secara Akurat

Dok. Daily Mail

AMERIKA SERIKAT – Apple Wacth teleh menemukan deteksi dari kondisi jantung yang bisa berpengaruh pada 2,7 juta orang di Amerika Serikat. Hal ini merupakan studi terbaru yang dirilis.

Dengan menggunakan sensor jantung pada smartwatch maka peneliti bisa mengembangkan algoritma yang bisa mengetahui kemampuan detak jantung, dengan mengetahui ritme detak jantung tersebut. Dan ternyata 97% menunjukkan hasil yang akurat.

Penelti dari University of California, San Fransico, telah berkolaborasi dengan aplikasi Kardiogram. Hal ini juga bisa untuk mengukur individu saat mereka tertidur, stress, bahkan melakukan fitness.

Tim juga telah menguji jantung dari 6.158 pengguna kardiogram. AF (Atrial Fibrillation) sendiri merupakan detak jantung yang tidak teratur. Terjadinya AF sendiri disebabkan oleh pengumpulan darah yang ada di jantung, sehingga bisa menghasilkan stroke.

“hasil kami menunjukkan bahwa smartwacth bisa menjadi pelacak baru yang bisa mematau dan menangkat medis,” ungkap Dr Grogory Marcus, Director of Clinical Research di UCSF’S Division of Cardiology, seperti dinukil dari laman Daily Mail.

Ketika teknologi bisa men-scanning, maka sebenarnya itu bukan menggantikan monitoring yang konvensional. Namun ini bisa memiliki potensi yang sukses terhadap risiko dan mengurangi jumlah yang belum terdiagnosis AF.

Walaupun studi ini bisa berubah terhadap diagnosis AF. Tapi tim percaya, bahwa masih ada hal lain yang bisa dilakukan terhadap fitur ini sebelum akhirnya diluncurkan ke masyarakat. (afr)

(kem)


Baca Juga

Lagi, Spesies 'Tikus Air' Ini Terancam Punah di Inggris

Lagi, Spesies 'Tikus Air' Ini Terancam Punah di Inggris