Pasca-Misi Mars, India Rangkul Aliansi Internasional

Pasca-Misi Mars, India Rangkul Aliansi Internasional

Foto : Shutterstock

NEW DELHI – Setelah berhasil menaklukkan Mars, India kini berada di ambang kenaikan tingkat teknologi berikutnya. Mars Orbiter Mission (MOM) yang dikenal sebagai 'Mangalyaan' pada dasarnya adalah sebuah misi untuk menunjukkan kemampuan teknologi India untuk mengorbit sebuah pesawat ruang angkasa di sekitar Mars.

Mantan Ketuan ISRO Dr K Radhakrishnan mengatakan bahwa misi Mangalyaan India dieksekusikan dengan presisi yang terpuji dan pesawat ruang angkasa pun masih sehat untuk mengorbit di Mars dan mengirim data secara teratur ke Stasiun Luar Bumi India di dekat Bengaluru.

“India sekarang berada di ambang mendaki tingkat teknologi berikutnya, merangkul aliansi internasional untuk kemampuan yang lebih baru dan mendorong industri antariksa nasional untuk memenuhi kebutuhan nasional dan global,” ujar Radhakrishnan dikutip dari Indianexpress, Selasa (16/5/2017).

Sekadar informasi, India menjadi negara pertama yang menerbangkan pesawat ruang angkasa di sekitar Mars pada 24 September 2014. Dalam misi Mangalyaan, pesawat ruang angkasa tersebut melintasi hampir 660 juta km dalam waktu sekira 300 hari menjalani tekanan yang diberikan oleh radiasi dan gaya gravitasi matahari dan planet lainnya.

Radhakrishnan menambahkan, misi luar angkasa seperti Mangalyaan lebih kompleks dibandingkan dengan menempatkan di sekitar Bumi atau bulan. Karena misi ini layak dilakukan dalam geometris Mars-Bumi-Mars tertentu yang hanya terjadi satu kali dalam 26 bulan.

(kem)


Baca Juga

Lagi, Spesies 'Tikus Air' Ini Terancam Punah di Inggris

Lagi, Spesies 'Tikus Air' Ini Terancam Punah di Inggris