Fosil Kuno Dinosaurus Dipamerkan di Museum Kanada

Fosil Kuno Dinosaurus Dipamerkan di Museum Kanada

Foto: Shutter Stock

JAKARTA – Lebih dari setengah dekade ahli paleontologi menemukan beberapa potongan paling rumit dari spesies dinosaurus di Alberta, Kanada. Setelah bertahun-tahun mengumpulkan dan mempelajari sisa-sisa sejarah spesies berukuran 3.000 pon itu, fosil yang dijuluki Nodosaurus tersebut akhirnya siap untuk dilihat oleh publik.

Nodosaurus termasuk jenis dinosaurus herbivora yang hidup antara 110 sampai 112 juta tahun yang lalu. Meski pemakan tumbuh-tumbuhan, bentuk binatang tersebut sangat mengerikan. Spesies ini mempunyai kaki berukuran 18 cm dengan pelapis yang menyerupai baja dan sisik berduri yang membentang dari kepala sampai kaki.

Fosil ini ditemukan saat pekerja tambang mengiris sebagian kulit fosil dinosaurus, tak lama mereka menyadari telah menemukan sesuatu yang aneh. Kemudian para pekerja tambang tersebut memberi tahu arkeolog.

Hanya setengah dari sisa-sisa makhluk itu yang dapat ditemukan, yakni dari ujung hidung sampai ke pinggulnya. Namun, keadaan kulit fosil dan beberapa organnya merupakan hal yang benar-benar langka.

Fosil tersebut kini tengah dipamerkan di Royal Tyrrell Museum di Alberta, Kanada dalam pameran ‘Grounds for Discovery’.

(kem)


Baca Juga

Lagi, Spesies 'Tikus Air' Ini Terancam Punah di Inggris

Lagi, Spesies 'Tikus Air' Ini Terancam Punah di Inggris