Menkominfo: Indonesia Sudah Bersih dari Ransomware WannaCry

Menkominfo: Indonesia Sudah Bersih dari Ransomware WannaCry

Foto : Shutterstock

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyampaikan bahwa Indonesia sudah bersih dari virus ransomware atau WannaCry. Meski belum mencapai angka 100 persen, tetapi ia sudah memastikan bahwa tidak ada isu mengenai wabah tersebut.

"Saya pantau dari live unit IP address di seluruh Indonesia dari tadi malam, ini kosong di peta Indonesia, sudah pasti ya," ujar Rudi saat acara APSAT 2017 di kawasan Jakarta Pusat, Rabu (17/5/2017).

Pria yang kerap disapa Chief RA ini juga mengungkapkan jumlah serangan yang terjadi di Tanah Air berjumlah ribuan. Namun, hingga kini dirinya tidak menerima adanya laporan lagi dari seluruh instansi maupun bisnis di Indonesia soal WannaCry.

"Sudah tidak ada laporan ya, karena kejadian ini kan berdasarkan laporan, kita check juga, jadi orang gak asal lapor saja. Semua ter-record," terang Chief RA.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Komunikasi dan Informatika menerima laporan sebanyak 7 kasus. Penyerangan ransomware WannaCry paling banyak terjadi di Pulau Jawa.

(ahl)

Baca Juga

Tak Terduga! <i>Nih</i> Alasan Apple Minta Karyawan Bayar Makan Siang

Tak Terduga! Nih Alasan Apple Minta Karyawan Bayar Makan Siang