Proyek Palapa Ring Paket Barat Target Rampung di 2018

Proyek Palapa Ring Paket Barat Target Rampung di 2018

Foto : Kominfo

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara selaku penanggungjawab proyek kerjasama Palapa Ring menargetkan pembangunan Palapa Ring Paket Barat yang rencananya akan rampung pada 2018.

“Kalau yang Barat itu rencananya kuartal pertama kontraknya 2018, tapi kita coba tarik, mudah-mudahan bisa sampai dengan Desember 2017,” ujarnya di sela acara APSAT 2017 di kawasan Jakarta Pusat, Rabu (17/5/2017).

Setelah sebelumnya meresmikan financial closing untuk pembiayaan proyek Palapa Ring Paket Timur dengan biaya Rp5,13 triliun. Kini pemerintah sedang menyiapkan biaya proyek Palapa Ring Paket Barat sekira Rp1,28 triliun.

Pria yang kerap disapa Chief RA itu juga menyadari bahwa wilayah Natuna memiliki kelemahan jaringan telekomunikasi. Masyarakat dipelosok pun belum mendapatkan akses internet cepat seperti di Pulau Jawa.

“Sudah sejauh 70% kalau barat. Kita maunya ini cepat selesai, karena Palapa Ring Paket Barat di Natuna ini akan menghubungkan ke sebelah timur. Kita berharap pemerintah daerahnya juga bisa mempermudah untuk urusan izin lahan ya,” terangnya.

Chief RA menambahkan bahwa pembangunan Palapa Ring paket tengah juga sudah mencapai 10-12%.

(kem)

Baca Juga

Kominfo Pantau Kesiapan Jaringan Kunjungi NOC Operator

Kominfo Pantau Kesiapan Jaringan Kunjungi NOC Operator