Ilmuwan Ciptakan Speaker Tipis yang Bisa Dilipat

Ilmuwan Ciptakan Speaker Tipis yang Bisa Dilipat

Foto : PHYS

AMERIKA SERIKAT – Para peneliti dari Michigan State University menciptakan sebuah perangkat tipis dan fleksibel yang tidak hanya menghasilkan energi dari gerakan manusia. Namun juga dapat berfungsi sebagai loudspeaker dan mikrofon.

Penelitian baru ini juga diterbitkan di Nature Communications, terobosan audio akhirnya dapat menghasilkan produk semacam itu sebagai pengeras suara yang dapat dilipat. Produk ini juga dapat berfungsi sebagai patch keamanan suara untuk komputer dan bahkan surat kabar yang berbicara.

“Setiap teknologi dimulai dengan sebuah terobosan dan ini adalah terobosan untuk teknologi khusus ini,” ujar Nelson Sepulveda, MSU Associate of Electrical dan Komputer Engineering dan Primary Investigator dari proyek yang didanai pemerintah federal.

Pada akhir 2016, Sepulveda dan timnya berhasil menciptakan perangkat nanogenerator ferroelectret atau FENG. Perangkat ini dapat digunakan untuk menyalakan keyboard, lampu LED, dan LCD hanya dengan menggunakan gerakan jari. Perangkat ini mengubah energi mekanik menjadi energi listrik.

Para periset menemukan bahwa material berteknologi tinggi dapat bertindak sebagai mikrofon dengan cara menangkap getaran dari suara atau energi mekanis dan mengubahnya menjadi energi listrik. Sedangkan loudspeaker dengan hanya mengoperasikan cara yang berlawanan, mengubah energi listrik menjadi energi mekanik.

Berbahan wafer silikon, FENG dibuat dengan beberapa lapisan atau lembaran tipis dari zat ramah lingkungan termasuk perak, polimida, polypropylene, ferroelectret, dan ion. Sehingga setiap lapisan pada perangkat mengandung partikel bermuatan. Demikian dilansir dari Phys, Rabu (17/5/2017).

(kem)
TAG : EA EA

Baca Juga

Lebih Besar dari Jupiter, Ini Exoplanet Raksasa Terpanas

Lebih Besar dari Jupiter, Ini Exoplanet Raksasa Terpanas