Keren, Robot Masa Depan Bakal Bantu Rekrut Pegawai

Keren, Robot Masa Depan Bakal Bantu Rekrut Pegawai

Foto : Shutterstock

CALIFORNIAStartup yang berbasis di San Francisco tengah mengembangkan robot yang dapat melakukan wawancara dengan pelamar kerja. Sistem Mya diklaim sebagai teknologi AI pertama yang ada di pasaran.

“Bahkan jika kandidat tidak sesuai, Mya sangat senang untuk mendengar sekali lagi apa kelebihan yang dimiliki kandidat,” kata CEO Mya System, Eyal Grayevesky.

Mendapati laporan dari CNN, Rabu (17/5/2017), dalam screenshoot simulasi wawancara yang diberikan. Mya System memunculkan kata ‘Bot’ di bagian tubuhnya. Jika tidak ada, berarti Mya tidak membalas pesan. Percakapan dengan Mya mirip dengan pesan teks.

Pelamar akan mengobrol dengan Mya layaknya sedang interview kerja, jika menyukai sang pelamar, Mya akan langsung menjadwalkan wawancara dengan manajer perekrutan (manusia). Robot ini juga bisa terhubung dengan mesin pencarian Google.

Sebenarnya, Mya sudah diluncurkan dari Juli 2016 dan sudah digunakan di perusahaan Fortune 500 di sektor retail, perbankan, dan konsultasi. Perusahaan akan membayar berdasarkan pertimbangan seperti jumlah peran yang mereka rekrut dan yang diproses.

Gray menuturkan tiga dari lima perusahaan rekrutmen terbesar di AS telah menggunakan layanan tersebut dan belum lama ini ia juga mengumumkan harga baru untuk satu robot Mya yakni USD11,4 juta.

(kem)
TAG : masa

Baca Juga

Luar Biasa! Proyek Luar Angkasa Paling Spektakuler Ini Akan Ada di Masa Depan

Luar Biasa! Proyek Luar Angkasa Paling Spektakuler Ini Akan Ada di Masa Depan