TOP TECHNO: NASA Ungkap Cahaya Misterius dari Bumi

TOP TECHNO: NASA Ungkap Cahaya Misterius dari Bumi

Ilustrasi Bumi (Foto: Reuters)

JAKARTA - Badan antariksa Amerika Serikat (NASA) merekam cahaya misterius yang berasal dari bumi. Hasil rekaman tersebut berasal dari kamera Earth Polychromatic Imaging Camera (EPIC) saat berada di atas NOAA's Deep Space Climate Observatory.

Pesawat ruang angkasa milik NASA itu dapat menangkap 886 ribu kilatan yang memancar dari permukaan Bumi. Salah satu cahaya tertangkap berasal dari Amerika Selatan.

“Ketika pertama kali melihatnya, saya pikir mungkin ada air di sana, atau danau yang memantulkan sinar matahari. Kami juga menemukan kilasan cahaya yang sangat terang di atas tanah,” kata Alexander Marshak, Wakil Ilmuwan Proyek DSCOVR.

Kamera EPIC menangkap gambar titik-titik berwarna merah, hijau, dan biru di beberapa gambar terpisah. Studi ini juga menentukan adanya awan cirrus tinggi 3-5 mil, di mana kilatan misterius terlihat.

Jika fenomena aneh ini disebabkan oleh sinar matahari yang dipantulkan, para periset menduga mereka akan berkonsentrasi ke lokasi yang berbeda di Bumi.

Di mana sudut antara matahari dan Bumi sama dengan yang ada di antara pesawat ruang angkasa. Demikian dinukil dari Australian Geographic.

(kem)
TAG : TOP cahaya

Baca Juga

Fenomena Equinox Akan Terjadi di Sumbar, Matahari Melintas Tepat di Garis Khatulistiwa

Fenomena Equinox Akan Terjadi di Sumbar, Matahari Melintas Tepat di Garis Khatulistiwa