LANGSUNG DARI AS: Cerita Wanita Cantik Asal Indonesia yang Sukses Berkarir di Kantor Google

LANGSUNG DARI AS: Cerita Wanita Cantik Asal Indonesia yang Sukses Berkarir di Kantor Google

Amanda Surya, Wanita asal Indonesia yang bekerja di Google (Foto: Amril Amarullah/Okezone)

MOUNTAIN VIEW - Google, sebagai perusahaan raksasa internet di dunia memiliki daya tarik tersendiri. Banyak orang Indonesia yang mendambakan berkantor di sana.

Mereka yang sukses berkarir di Google hingga bertahun-tahun, boleh dikatakan sebagai orang yang beruntung, selain juga bermodal kemampuan yang bagus. Kantor dengan gaji tinggi, fasilitas memadai, serba mewah dan tentunya memiliki koneksi luas, tentu sangat diidam-idamkan.

Tentunya untuk bisa berkarir di Google tidaklah mudah. Hingga saat ini sudah ada lebih 50 orang Indonesia yang sudah berkantor di Google.

Okezone.com beruntung ketika bertandang ke kantor Google, menemui 6 dari 50 orang Indonesia tersebut saat tengah makan siang di kantin Google. Dari keenam orang tersebut, ada satu orang Indonesia yang paling lama bekerja di Google adalah Amanda Surya.

 

Sudah 10 tahun lebih wanita itu berkarir di sana sebagai seorang engineering Google.

Posisinya kini sebagai Head of Engineering Program Management untuk Nest di Alphabet yang membawahi 10 anak buah dari berbagai negara. Kiprahnya sebagai engineering di Google waktu 10 tahun bukanlah perkara sedikit, boleh dikatakan cukup berpengalaman.

Dimulai dari bagian tim pengembangan YouTube, Google Wallet dan Android, kini Amanda dipercaya untuk memegang salah satu project di Alphabet (Induk perusahaan Google).

“Tidak mudah dan tidak sulit untuk bisa berkarir di sini (Google), tidak ada tekanan, tetapi harus bisa hal-hal baru,” ujar Amanda menjawab pertanyaan Okezone.com, di Mountain View, California, Amerika Serikat.

Menurut Amanda, mereka yang bekerja di Google adalah orang-orang yang sedikit gila dalam berinovasi, berani menerima tantangan dan juga keberanian untuk mencoba hal-hal baru. Apalagi, di Google ini selalu ada saja yang baru. Dan setiap karyawan harus mampu juga mengerjakan bermacam-macam produk dan project.

“Termasuk saya pun demikian, lebih dari 10 tahun sudah mengerjakan bermacam-macam produk dan project. Tantangannya berbeda-beda karena produknya juga bervariasi,” tutur Amanda.

Wanita kelahiran Jakarta ini mengaku sangat menikmati pekerjaan yang sekarang ini, bahkan bila diminta untuk kembali ke Indonesia dan membangun bisnis di Tanah Air, wanita berwajah manis ini pun tersenyum.

“Kami bisa saja membantu, pasti dong memberikan ide dan sumbangsihnya untuk Indonesia, tetapi untuk bisa kembali ke Indonesia saat ini belum ingin,” ujarnya tertawa.

Meskipun diakui, wanita lulusan Carnegie Mellon University ini sebelummya tidak pernah terpikirkan akan selama ini bekerja di perusahaan asing. Waktu itu, justru dialah yang ditawari bekerja membantu perusahaan yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ini.

Dengan pesatnya persaingan, menurut Amanda, siapapun anak-anak muda Indonesia bisa bekerja di Google. Diakuinya tidaklah mudah untuk bisa tembus. Apalagi berbagai super selektif, baik tes mapun wawancara harus mampu dilewati setiap pelamar.

Jadi mulai hari ini, buang stigma bahwa yang bisa masuk Google adalah orang-orang yang kuliah dari kampus di luar Indonesia saja. Sekarang banyak orang yang bekerja di Google berasal dari lulusan universitas lokal di Indonesia.

Monang salah satunya, lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini baru satu tahun berkarir di Google dan berhasil menjadi bagian dari teknisi di perusahaan yang kini dinahkodai oleh Sundar Pichai ini.

“Percaya diri saja, yakin bisa bergabung. Jangan mau kalah dengan negara-negara lain. Orang Indonesia banyak yang kemampuannya tidak kalah hebat (dengan negara lain). Apalagi sekarang nama Indonesia di perusahaan Google sudah cukup dikenal, karena sudah banyak orang Indonesia yang bekerja di sini,“ ujar Amanda menutup perbincangan.

(ahl)

Baca Juga

Aplikasi Gmail yang Mungkin Belum Anda Ketahui, Apa Saja?

Aplikasi Gmail yang Mungkin Belum Anda Ketahui, Apa Saja?