Cegah Hacker, BlackBerry Siapkan Sistem Keamanan Mobil Otonom

Cegah Hacker, BlackBerry Siapkan Sistem Keamanan Mobil Otonom

(Foto: Reuters)

WATERLOO – Blackberry dikabarkan tengah mengembangkan sebuah layanan keamanan untuk virus komputer dan peringatan bagi sopir untuk menepi jika terjadi hal yang berbahaya.

Gus Papageorgiou, analis Macquarie Capital Partners, mengatakan dalam sebuah surat kabar bahwa layanan tersebut saat ini sedang diuji oleh produsen mobil seperti Aston Martin dan Range Rover.

Layanan yang bisa memasang patch keamanan ke mobil, diperkirakan akan dirilis tahun depan. Papageorgiou yakin BlackBerry akan mampu menghasilkan sekira USD10 (7,7 euro) per bulan per kendaraan dari layanan tersebut.

BlackBerry bertaruh pada keamanan mobil agar bisa meningkatkan pendapatannya setelah kehilangan dominasinya di pasar smartphone, yang kini diraih perusahaan seperti Apple dan Samsung.

"Selain terhubung dengan mobil, software mobil otonom juga membuka pintu bagi hacker," catat Papageorgiou.

Kendaraan biasanya mengandalkan komputer yang terhubung ke internet, jaringan mobile dan bluetooth, sehingga rentan terhadap peretasan.

Produsen mobil telah menunjukkan ketertarikan yang meningkat terhadap keamanan dunia maya sejak 2015, saat periset Charlie Miller dan Chris Valasek menunjukkan kerentanan pada perusahaan Fiat Chrysler.

Perusahaan itu kemudian segera mengumumkan recall sekira 1,4 juta kendaraan di AS untuk memperbarui perangkat lunaknya. Demikian seperti dilansir IB Times, Jumat (19/5/2017).

(kem)

Baca Juga

 DJI Akan Batasi <i>Drone</i> Setelah Adanya Update

DJI Akan Batasi Drone Setelah Adanya Update