Keren, Robot Ini Dilatih Menggunakan VR

Keren, Robot Ini Dilatih Menggunakan VR

(Foto: Daily Mail)

SAN FRANCISCO - Perusahaan non-profit Elon Musk OpenAI melatih robot untuk menyelesaikan tugas manusia dengan menyaksikan demonstrasikan tunggal dalam virtual reality (VR).

Perusahaan riset artificial intelligence (AI), yang telah didanai USD1 miliar oleh Musk menciptakan robot yang bisa menyalin manusia dengan melihat simulasi. Imitasi memungkinkan manusia untuk mempelajari sesuatu dengan cepat dan pengembang di OpenAI mengatakan bahwa tujuan mereka adalah membuat robot yang belajar sama seperti manusia.

Desainer menguji alat VR-teaching mereka dengan membuat robot yang bisa menumpuk blok berwarna setelah melihatnya tampil dalam kenyataan maya sekali saja. "Kami telah mengembangkan dan menerapkan algoritma baru, pembelajaran imitasi, satu tembakan, yang memungkinkan manusia untuk berkomunikasi bagaimana melakukan tugas baru dengan melakukannya di VR," kata pengembang OpenAI dalam sebuah posting-an di blog, yang dikutip Daily Mail, Kamis (18/5/2017).

Tim tersebut menjelaskan bahwa robot tersebut memiliki dua jaringan syaraf tiruan yakni jaringan penglihatan dan jaringan tiruan, yang memungkinkannya meniru tugas yang dapat dilakukan manusia. Vision jaringan dilatih dengan ratusan ribu gambar simulasi.

Jaringan imitasi memproses demonstrasi dan menyelesaikannya, dengan mempertimbangkan bahwa hal itu mungkin mendekati tugas dari sudut yang berbeda. "Jaringan belajar ini dari distribusi contoh pelatihan. Ini dilatih pada lusinan tugas yang berbeda dengan ribuan demonstrasi untuk setiap tugas," kata tim tersebut dalam posting-an blog mereka.

"Imitasi memungkinkan manusia untuk mempelajari perilaku baru dengan cepat. Kami juga ingin robot kami bisa belajar seperti ini juga," kata Josh Tobin, seorang anggota staf teknis di OpenAI dalam sebuah video.

Robot merasakan lingkungan dengan kameranya dan kemudian menginstruksikan lengannya untuk memindahkan balok dengan cara tertentu. Selain itu, robot juga bisa menemukan blok di dunia nyata, meski belum pernah melihat gambar sebenarnya dari blok sebelumnya.

(din)

Baca Juga

Luar Biasa! NASA Siapkan Program Kecerdasan Buatan untuk Misi ke Luar Angkasa

Luar Biasa! NASA Siapkan Program Kecerdasan Buatan untuk Misi ke Luar Angkasa