LAPORAN DARI AS: Serunya Bekerja Sambil Gowes Sepeda Warna-warni di Markas Google

LAPORAN DARI AS: Serunya Bekerja Sambil Gowes Sepeda Warna-warni di Markas Google

(Foto: Amril Amarullah/Okezone)

MOUNTAIN VIEW – Siapa yang tidak ingin bekerja dengan fasilitas serba tersedia dan mewah. Suasana nyaman, penuh kekeluargaan tentu menjadi dambaan. Di mana lagi kalau bukan di Google, perusahaan raksasa internet yang berlokasi di California, Amerika Serikat.

Di sana, karyawannya bekerja bisa mengisi waktu luang dengan bermain skateboard, volleyball, bermain alat musik, hingga membawa hewan peliharaan ke kantor. Mirip taman kota yang ada di Indonesia. Perusahaan raksasa internet itu memang memanjakan karyawannya dengan berbagai fasilitas. Sehingga tidak heran ribuan bahkan jutaan orang mengantre untuk bisa bekerja di sana.

 

Sungguh pemandangan yang jarang ditemui di Indonesia. Google, bukan hanya tempat kerjanya nyaman, tetapi juga makanan gratis yang dimasak oleh para koki handal, atau sarana untuk berolahraga. Perusahaan raksasa mesin pencarian internet itu rupanya juga menyediakan sarana sepeda untuk disewakan secara gratis.

Ketika Okezone.com bertandang ke markas Google di Mountain View, California, Amerika Serikat, tidak sedikit karyawan kemana-mana gowes menggunakan sepeda yang bercorak warna-warni seperti logo Google.

 

Dan ternyata, sepeda itu menurut karyawan Google menjadi kendaraan favorit, bahkan para tamu maupun orang asing ketika berada di lingkungan Googleplex kantor yang memiliki luas 46 ribu meter persegi itu, betah berlama-lama dan ingin merasakan keliling komplek Google dengan bersepeda.

Bagi karyawan Google itu sendiri, sepeda menjadi alat transportasi murah dan sehat ketika akan menuju tempat mereka bekerja, dan menyambangi gedung satu ke gedung lainnya yang jaraknya saling berjauhan.

Sehingga tidak heran, bila berkunjung ke kantor Google, di ruangan belakang akan ditemui sekira 700-an sepeda warna-warni ala Google, yang memadukan merah, hijau, kuning dan biru. Sepeda itu tersedia dalam beragam model, ada yang khusus wanita ada juga pria.

 

Selain itu, jika menengok ke belakang gedung utama, melalui pintu depan, bukan pemandangan orang yang lagi serius bekerja di depan komputer atau menjinjing laptop, melainkan karyawan yang sedang asik mengutak-atik sepedanya yang akan digayuh.

Bahkan, di hari-hari tertentu, ratusan karyawan yang bertebaran layaknya car free day di Jakarta, di mana karyawan Google mengayuh sepedanya untuk sampai ke tempat bekerja. Itu terjadi sepanjang pagi, shuttle bus Google akan men-drop karyawan, selanjutnya mereka memilih gowes bareng-bareng.

Felix, salah satu engineering asal Indonesia yang sudah lima tahun bekerja di kantor Google mengaku senang bersepeda di hari-hari tertentu. "Lebih asyik aja bersepeda, badan jadi lebih fresh," ujar Felix, kepada Okezone.com.

Selain itu, sepeda yang disiapkan tentunya sudah diperhitungkan keamanannya, mudah diproduksi dan juga nyaman. Satu hal yang paling penting adalah desain harus identik dengan logo Google.

Luasnya lahan perkantoran, tentu dengan bersepeda selain akan memudahkan karyawan yang akan bekerja juga menyehatkan badan. Sepeda tersebut hanya boleh digunakan di lingkungan komplek kantor Google, tidak bisa dibawa pulang.

(ahl)

Baca Juga

Basmi Pemalsuan, Produsen Sepatu Ini Bermitra dengan Amazon

Basmi Pemalsuan, Produsen Sepatu Ini Bermitra dengan Amazon