Kaspersky: Serangan WannaCry Turun, Waspada Ransomware Lainnya

Kaspersky: Serangan WannaCry Turun, Waspada Ransomware Lainnya

(Foto: Shutterstock)

JAKARTARansomware WannaCry menyerang perangkat komputer secara global pada pekan lalu. Sebanyak 60 komputer di salah satu rumah sakit di Indonesia juga kedapatan menjadi korban WannaCry.

Namun, serangan virus itu perlahan mulai menurun. Seperti dijelaskan oleh Jemmy Handinata, Pre Sales Specialist Kaspersky Lab Indonesia, malware aktif jumlahnya telah menurun.

“Kalau kita lihat dari kemarin sudah mulai menurun malware yang aktif. Saat ini juga untuk (WannaCry) versi yang sekarang semakin lama akan semakin menurun,” kata Jemmy, di Jakarta, Jumat (19/5/2017).

Meski menurun, bukan berarti serangan ransomware telah berhenti. Ia juga memprediksi, serangan itu akan bertambah dengan jenis lainnya.

“Tapi untuk ke depannya mungkin untuk WannaCry dan malware-malware lainnya itu diprediksi pasti akan ada (lagi),” ujarnya.

Di Indonesia sendiri, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara telah menyampaikan bahwa berdasarkan pantauannya, Kominfo tak lagi menemukan isu WannaCry.

"Saya pantau dari live unit IP address di seluruh Indonesia dari tadi malam, ini kosong di peta Indonesia, sudah pasti ya," kata RA dalam acara APSAT 2017 di Jakarta.

(kem)

Baca Juga

Wow.. Banyak Fitur Gmail Tersembunyi yang Tidak Banyak Orang Tahu

Wow.. Banyak Fitur Gmail Tersembunyi yang Tidak Banyak Orang Tahu